Bupati Aceh Barat Salurkan Zakat Rp 620 Juta Jelang Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

Rabu 22 Mar 2023 10:19 WIB

Ilustrasi. Warga memperlihatkan uang zakat konsumtif senif fakir miskin yang diterima dari lembaga pengelola zakat Baitul Mal Kota Banda Aceh di Banda Aceh, Aceh, Selasa (26/4/2022). Bupati Aceh Barat Salurkan Zakat Rp 620 Juta Jelang Ramadhan Foto: ANTARA/ Irwansyah Putra Ilustrasi. Warga memperlihatkan uang zakat konsumtif senif fakir miskin yang diterima dari lembaga pengelola zakat Baitul Mal Kota Banda Aceh di Banda Aceh, Aceh, Selasa (26/4/2022). Bupati Aceh Barat Salurkan Zakat Rp 620 Juta Jelang Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, MEULABOH -- Penjabat Bupati Aceh Barat Mahdi Efendi menyalurkan zakat secara simbolis bagi fakir uzur dengan total Rp 620 juta. Zakat dibagikan di Gampong Kampung Belakang, Seuneubok dan Gampong Drien Rampak, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Aceh

"Ini adalah amanah dari Allah SWT melalui pemerintah untuk meringankan beban masyarakat di hari tradisi Meugang ini dan menjelang bulan suci Ramadhan," kata dia, Selasa (21/3/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan penyaluran zakat ini salah satu bentuk perhatian pemerintah membantu masyarakat kurang mampu melalui Lembaga Baitul Mal Aceh Barat. Dia menjelaskan zakat dari para muzaki yang dikelola Baitul Mal Aceh Barat tersebut terkumpul pada 2022 dan disalurkan pada 2023.

Total penerima sebanyak 320 orang. Masing-masing penerima atau mustahik mendapat Rp 2 juta.

Ia berharap, penerimaan zakat ke depan terus meningkat dan bertambah sehingga bisa semakin banyak masyarakat terbantu sekaligus menurunkan angka kemiskinan di Kabupaten Aceh Barat. Ia mengajak seluruh masyarakat yang memiliki kemampuan agar tidak ragu menyalurkan zakat, infak, dan sedekah melalui Baitul Mal Aceh Barat.

Ia berharap, pengelolaan dan penyaluran zakat bisa dilaksanakan secara optimal dan tepat sasaran, guna membantu meringankan beban masyarakat fakir miskin. "Semoga zakat ini bisa memberikan manfaat bagi para penerima, menjelang bulan suci Ramadhan tahun ini," kata Mahdi.