Dua Masjid Suci Bersiap Sambut Jamaah dari Seluruh Dunia Selama Ramadhan

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 21 Mar 2023 11:15 WIB

Umat muslim melakukan tawaf di Masjidill Haram, Makkah, (22/2/2023). Dua Masjid Suci Bersiap Sambut Jamaah dari Seluruh Dunia Selama Ramadhan Foto: Tahta Aidilla/Republika Umat muslim melakukan tawaf di Masjidill Haram, Makkah, (22/2/2023). Dua Masjid Suci Bersiap Sambut Jamaah dari Seluruh Dunia Selama Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Kepala Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci mengatakan Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah siap menampung jutaan jamaah dan pengunjung selama Ramadhan.

Dilansir Arab News, Senin (20/3/2023), Syekh Abdulrahman Al Sudais mengatakan semua tangga, lift, sound system, layanan bimbingan, dan layanan teknis telah disiapkan untuk menerima masuknya jamaah yang akan mengunjungi kedua masjid selama bulan suci.

Baca Juga

Muslim dari seluruh dunia dan dalam Saudi akan mengunjungi dua masjid suci, terutama selama sepuluh hari terakhir Ramadhan, untuk sholat tarawih, menunaikan umroh, dan memberi hormat kepada Nabi Muhammad SAW.

Kepresidenan mengatakan berupaya memberikan pelayanan terbaik dan berkoordinasi dengan otoritas terkait agar jamaah dapat menjalankan ibadahnya dengan mudah dan nyaman.

Mahkamah Agung Arab Saudi telah meminta semua Muslim di Saudi untuk mencari bulan sabit Ramadhan pada Selasa malam (21/3/2023). Selasa bertepatan dengan tanggal 29 Syaban 1444 dan jika bulan sabit Ramadhan terlihat pada Selasa malam, maka Ramadhan akan dimulai pada Rabu (22/3/2023). Jika tidak, bulan suci akan dimulai pada Kamis (23/3/2023).

Pengadilan mengatakan siapa pun yang melihat bulan Ramadhan dengan mata atau melalui teropong harus memberi tahu pengadilan terdekat ke lokasi mereka dan merekam kesaksian mereka di sana, atau menghubungi pusat terdekat sehingga mereka dapat diarahkan ke pengadilan terdekat.