Selasa 21 Mar 2023 16:03 WIB

Ini Dia Fitur Baru YouTube Music

Fitur ini tersedia bagi mereka yang berlangganan YouTube Music Premium.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Fitur baru YouTube Music memungkinkan pengguna mengunduh secara otomatis lagu yang baru diputar yang mereka mainkan. Fitur yang tersedia di Android ini diaktifkan secara bawaan (default)./ilustrasi
Foto: Reuters/Shohei Miyano
Fitur baru YouTube Music memungkinkan pengguna mengunduh secara otomatis lagu yang baru diputar yang mereka mainkan. Fitur yang tersedia di Android ini diaktifkan secara bawaan (default)./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Fitur baru YouTube Music memungkinkan pengguna mengunduh secara otomatis lagu yang baru diputar yang mereka mainkan. Fitur yang tersedia di Android ini diaktifkan secara bawaan (default).

Diungkap oleh 9to5Google, fitur tersebut dapat dilihat pengguna di menu Settings > Downloads and storage menu. Fitur ini tersedia bagi mereka yang berlangganan Premium.

Baca Juga

Sesuai deskripsi fitur, secara otomatis akan mengunduh hingga 200 lagu yang baru diputar. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak ada daftar putar terpisah untuk lagu yang Baru saja diputar (Recently played songs) di tab Perpustakaan (Library). “Mereka mungkin muncul saat Anda menggunakan pintasan aplikasi ‘Downloads’ dengan menekan lama ikon layar beranda,” kata laporan itu, dilansir dari Gadgets Now, Selasa (21/3/2023).

Gadgets Now memeriksanya dengan mengakses menu pintasan ‘Download’ dan menemukan lagu baru di daftar putar yang tidak pernah Gadgets Now dengarkan.

Fitur ini disebutkan dalam Februari 2023 New Features Highlights YouTube Music dan diperkenalkan pada pertengahan Januari. Ini juga membuka jalan ke audiens yang lebih luas di Android sekarang. Fitur ini belum diumumkan untuk YouTube Music di iOS.

Selain itu, fitur baru ini berbeda dari fitur ‘Smart Downloads”, yang bisa mengunduh mencapai hingga 500 lagu dan didasarkan pada musik yang dianggap “favorit” oleh aplikasi. Dengan fitur ini, anggota YouTube Music Premium  akan dapat mendengarkan musik meskipun tidak terhubung ke internet atau ingin menghemat data.

Fitur ‘Smart Downloads’ berfungsi selain musik yang telah dipilih pengguna untuk diunduh, yang berarti bahwa fitur ini tidak akan menghapus konten apa pun yang sudah diunduh.

Di sisi lain, YouTube Music juga baru-baru ini mengumumkan fitur ‘Create a Radio’ di Android dan iOS. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk membuat stasiun radio yang dipersonalisasi berdasarkan lagu atau artis yang dipilih. Ini tersedia untuk pengguna YouTube Music gratis dan premium.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement