Senin 20 Mar 2023 23:31 WIB

Sambut Ramadhan, BMH-Forum Zakat Bersinergi Gelar Tarhib Ramadhan

Kegiatan semacam ini merupakan salah satu mujahadah, bentuk kesyukuran.

Laznas BMH bersama Laznas lainnya yang tergabung dalam Forum Organisasi Zakat (FOZ) wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) menyelenggarakan Tarhib Ramadhan, Ahad (19/3/2023).
Foto: BMH
Laznas BMH bersama Laznas lainnya yang tergabung dalam Forum Organisasi Zakat (FOZ) wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) menyelenggarakan Tarhib Ramadhan, Ahad (19/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sebanyak 300 peserta dari Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) dan Komunitas Motor di Balikpapan menggelar pawai zakat jelang Bulan Ramadhan, Sabtu (18/3/2023).

Tim BMH bersama 11 lembaga zakat yang tergabung dalam Forum Zakat (FOZ) dan 15 komunitas motor, mengawali pawai di Kantor Walikota Balikpapan, diiiringi berbagai macam rangkaian acara, hingga pelepasan konvoi oleh Kemenag RI sebelum berkeliling kota Balikpapan dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan, dengan rute Gn. Malang, Klandasan, dan berakhir di Lapangan Merdeka.

Baca Juga

Kadiv Program dan Pendayagunaan BMH Hardi Rukmantara mengungkapkan, BMH mengerahkan 2 mobil ambulance, 1 mobil box program, 2 Maskot BMH, serta 6 armada motor untuk memeriahkan pawai yang bertujuan membangun kesadaran masyarakat berzakat pada lembaga zakat resmi yang terdaftar di Kemenag RI.

"Alhamdulillah, kegiatan semacam ini merupakan salah satu mujahadah, bentuk kesyukuran dan kebahagiaan kita menyambut Bulan Suci Ramadhan, serta menjadi kesempatan kita untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya zakat," ungkap Hardi.

Ketua FOZ Daerah Balikpapan Muhammad Rofiq menambahkan, rangkaian acara berlangsung lancar. Setidaknya ada 12 lembaga amil zakat resmi di bawah FOZ serta 15 komunitas motor turut ambil bagian di Pawai Zakat jelang Ramadhan.

"Terima kasih kepada semua pihak dan BMH yang turut andil dalam memeriahkan acara ini pawai zakat, yang kami harapkan dapat mengedukasi masyarakat perihal zakat," tutur Muhammad Rofiq.

photo
Tim BMH bersama 11 lembaga zakat yang tergabung dalam Forum Zakat (FOZ) dan 15 komunitas motor melakukan Pawai Zakat di Balikpapan, Sabtu (18/3/2023). - (Republika)

Sementara itu, Forum Organisasi Zakat (FOZ) wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) menyelenggarakan Tarhib Ramadhan dengan tema "Bersinergi Berdayakan Umat" pada Ahad (19/3/2023) pagi.

Kegiatan tersebut diikuti empat  lembaga zakat dan kemanusiaan yang tergabung dalam Forum Organisasi Zakat (FOZ) Wilayah Sultra, yaitu Dompet Dhuafa, Inisiatif Zakat Indonesia, Baitul Maal Hidayatullah, dan Wahdah Inspirasi Zakat. 

"Tarhib Ramadhan berupa jalan sehat itu dimulai dari titik point di Tugu MTQ dengan berputar di lokasi  masyarakat berolahraga untuk selanjutnya berjalan menuju Masjid Agung Kota Kendari sebagai titik akhirnya," terang Kepala BMH Perwakilan Sulawesi Tenggara, Fatahilah.

Antusiasme  peserta tarhib terlihat tinggi. Mereka memenuhi sepanjang pinggiran jalan. "Hal ini dilakukan agar memudahkan masyarakat yang melintas untuk mengetahui acara tarhib dan juga pengenalan program-program Ramadhan dari berbagai lembaga yang tergabung dalam Forum Organisasi Zakat (FOZ) Wilayah Sultra," imbuhnya.

Total jumlah peserta yang memeriahkan Tarhib Ramadan adalah 30 orang, yang juga diikuti berbagai komunitas sosial di Kendari, diantaranya UKM UKKI UHO & Religi Kendari.

Kadiv Markom BMH Sultra Irwanto menyampaikan, momen ini menjadi ajang sosialisasi kepada masyarakat, bahwa BMH tahun ini mengangkat tema "Ramadhan Bukti Nyata Kebaikan". 

“Saatnya di bulan Ramadhan membuktikan dengan amal kebaikan dengan mendukung program yang disiapkan oleh BMH di antaranya buka puasa berkah, program sedekah jariyah pembangunan, paket berkah Ramadhan, paket berkah fitrah, dai tangguh Ramadhan dan tebar sejuta Alquran," ungkapnya.

Ketua Forum Zakat Wilayah Sultra Hassan Afif mengatakan, kegiatan Tarhib Ramadhan ini pertama kali dilakukan. Tujuannya untuk mengajak dan mengingatkan masyarakat Kota Kendari agar mempersiapkan Ramadhan dengan sebaik-baiknya. 

Kegiatan ini sekaligus juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat bahwa menunaikan zakat juga dapat melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ) Nasional yang berada di Sulawesi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement