Senin 20 Mar 2023 20:20 WIB

RamadhanDariHati, Dompet Dhuafa Targetkan 200 Penerima Manfaat

Tema Ramadhan dari Hati terinspirasi dari Surat at-Taubat ayat 103 tentang zakat

Rep: Muhyiddin/ Red: Gita Amanda
Dalam menyambut Ramadhan 1444 Hijriyah/2023, Dompet Dhuafa mengusung tema #RamadhanDariHati dan menyiapkan lima program menebar kebaikan. (ilustrasi).
Dalam menyambut Ramadhan 1444 Hijriyah/2023, Dompet Dhuafa mengusung tema #RamadhanDariHati dan menyiapkan lima program menebar kebaikan. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam menyambut Ramadhan 1444 Hijriyah/2023, Dompet Dhuafa mengusung tema #RamadhanDariHati dan menyiapkan lima program menebar kebaikan. Dari program Ramadhan tahun ini, Dompet Dhuafa menargetkan 200 orang penerima manfaat.

"Target penghimpunan kita sebenanya tidak menyampaikan angkanya, tapi kita menargetkan penerima manfaatnya 200 ribu yang akan kita bantu di lima program Dompet Dhuafa," ujar Ketua Panitia Ramadhan 2023 Dompet Dhuafa, Suci Nuzleni Qadarsih kepada Republika usai pelepasan Dai Ambassador di Gedung Filantropi Dompet Dhuafa, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (20/3/2023).

Baca Juga

Suci menuturkan, ada lima pilar program yang disiapkan Dompet Dhuafa untuk Ramadhan kali ini, yaitu pendidikan, kesehatan, sosial, dakwah, dan ekonomi. Lima program itu akan direalisasikan ke berbagai bentuk kegiatan, seperti pemberdayaan masyarakat, parsel Ramadhan, distribusi zakat fitrah ke pelosok negeri, buka bersama anak yatim, hingga sedekah Alquran.

"Program Parsel Ramadhan sendiri akan dikirimkan ke pelosok daerah dan juga ke Turki, Suriah, dan Palestina," ucap Suci.

Terkait dengan tema atau tagline #RamadhanDariHati, dia menjelaskan bahwa tema tersebut terinspirasi dari Surat at-Taubat ayat 103 tentang zakat. Allah SWT berfirman,

خُذْ مِنْ اَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْۗ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

Artinya: "Ambillah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui." (QS at-Taubat ayat 103).

Di dalam tafsir ayat tersebut, menurut Suci, dijelaskan bahwa setiap insan manusia memiliki kebaikan dalam hatinya, khususnya untuk berbagi. "Di dalam ayat Alquran itu, ada tertulis di bawahnya mengenai sari dari ayat tersebut bahwa orang-orang yang berzakat, orang-orang yang berbagi, orang-orang yang mengeluarkan harta mereka, memiliki ketentraman hati," kata dia.

Dengan tema tersebut, tambah Suci, pihaknya ingin mengajak masyarakat untuk mengetuk hati mereka dan memperbanyak ibadah dengan hati. Menurut dia, semua ibadah Ramadhan, mulai dari sholatnya, tilawahnya, ataupun bekerja, harus dilakukan dengan hati.

"Karena itu lah kita punya tagline RamadhanDariHati. Sehingga selama Ramadhan, ingin mengetuk hati-hati masyarakat. Karena di dalam jiwa-jiwa mereka itu ada kebaikan di dalamnya sehingga menciptakan ketentraman hati," jelas Suci.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement