Peziarah Padati TPU Covid-19 Rorotan di Akhir Pekan Jelang Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

Senin 20 Mar 2023 08:17 WIB

Ilustrasi. Warga berziarah ke makam keluarganya di TPU khusus Covid-19 Rorotan, Jakarta Utara. Peziarah Padati TPU Covid-19 Rorotan di Akhir Pekan Jelang Ramadhan Foto: Republika/Thoudy Badai Ilustrasi. Warga berziarah ke makam keluarganya di TPU khusus Covid-19 Rorotan, Jakarta Utara. Peziarah Padati TPU Covid-19 Rorotan di Akhir Pekan Jelang Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para peziarah memadati taman pemakaman umum (TPU) Covid-19 Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Ahad (19/3/2023). Akhir pekan lalu merupakan akhir pekan menjelang bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah/2023.

Pantauan di lokasi, peziarah di makam khusus Covid-19 berbondong-bondong datang menggunakan kendaraan pribadi, khususnya roda empat. Hal ini menyebabkan kepadatan di sekitar TPU Covid-19 Rorotan.

Baca Juga

Suasana haru saat mendoakan sanak saudara yang telah meninggal akibat paparan virus tersebut terasa dari pagi hingga siang hari, seperti pada salah satu peziarah, yakni Tommy. Tommy mengatakan Lebaran kedua kali ini tanpa ibunya yang telah meninggal akibat Covid-19. Pemuda asal Bekasi, Jawa Barat itu mengatakan ibunya tidak bertahan setelah mendapat perawatan selama 14 hari.

"Ini masuk tahun kedua, dan kalau diingat-ingat memang sangat sedih. Apalagi ibu memang punya komorbid, dan waktu itu belum ada PPKM," ujar dia.

Kebersamaan Tommy dengan ibunya untuk terakhir kalinya, saat ia datang menjenguk di rumah sakit dengan standar SOP Covid-19. Kebiasaan ziarah ke kuburan ibunya dilakukannya sebelum bulan Ramadhan dan seusai Hari Raya Idul Fitri.

Ditemui tidak jauh dari lokasi Tommy, seorang pelajar asal Jakarta, Rivano berziarah ke makan ayahnya yang meninggal karena Covid-19. Rivano mengatakan niat ziarah ingin dilakukannya dari pekan lalu, namun dia harus menyelesaikan ujian sekolah terlebih dahulu.

"Sebenarnya dari pekan lalu ingin ziarah, tapi karena saya sendiri masih kelas 12, dan masih ujian, jadi sempatnya baru sekarang," kata Rivano.

Ayah Rivano meninggal saat serangan Covid-19 varian Delta merajalela di Indonesia. Kegiatan ziarah memang setiap tahun dilakukan bersama saudara-saudaranya, bahkan sebelum ayahnya meninggal.

Rivano dan keluarganya berharap dapat menjalani ibadah Ramadhan dengan tenang serta mendapat limpahan rahmat dari Allah SWT. Ziarah kubur menjelang bulan Ramadhan dan setelah Hari Raya Idul Fitri telah menjadi kegiatan rutin umat Islam di Indonesia.