Jumat 17 Mar 2023 11:42 WIB

Kapan Waktu Tepat Ganti Motor? Cek 3 Hal Ini

Jika usianya sudah terlalu tua, ada baiknya mulai terpikir untuk membeli motor baru

Pengunjung melihat-lihat sepeda motor selama Indonesia Motorcycle Show (IMOS) di Jakarta, Indonesia. Perlu pertimbangan khusus ketika ingin mengganti sepeda motor/ilustrasi.
Foto: EPA-EFE/ADI WEDA
Pengunjung melihat-lihat sepeda motor selama Indonesia Motorcycle Show (IMOS) di Jakarta, Indonesia. Perlu pertimbangan khusus ketika ingin mengganti sepeda motor/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Motor bisa dibilang menjadi kendaraan bermotor paling efektif digunakan. Selain irit bahan bakar, motor juga dipastikan lebih mudah untuk menembus kemacetan lalu lintas yang tak jarang memicu stres. Namun, jika usianya sudah terlalu tua, ada baiknya mulai terpikir untuk membeli motor baru sehingga biaya perawatan pun bisa diminimalisasi.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk membeli motor baru? Berikut pertimbangan yang perlu diperhatikan dikutip dari siaran pers BCA:

Baca Juga

1.Biaya Perawatan Tinggi

Motor lama harus dirawat dengan ekstra. Selain karena faktor usia, hal ini disebabkan motor lama umumnya sudah tidak memiliki garansi dan servis gratis. Alhasil, segala perbaikan harus menggunakan biaya sendiri. Iya, kalau perlunya cuma servis dan ganti oli, bagaimana jika terjadi kerusakan di mana-mana sehingga banyak suku cadang mesti diganti? Tentu merugikan.

Karena itu, daripada mengeluarkan banyak uang untuk merawat motor lama, tidak ada salahnya kamu mempertimbangkan membeli yang baru.

 

2.Jelang Akhir Tahun

Sudah bukan rahasia lagi kalau jelang akhir tahun, dealer dan showroom biasanya promo besar-besaran. Tagline dengan down payment (DP) dan angsuran ringan, bunga rendah hingga diskon harga, cukup mudah ditemukan pada momen tersebut. Pertama, ini disebabkan karena produsen otomotif “cuci gudang” untuk memenuhi target penjualan. Kedua, rilisnya sepeda motor seri baru sehingga seri atau model lama didiskon. Jadi jangan sia-siakan akhir tahun buat beli sepeda motor baru ya.

 

3.Promo KSM dari bank

Sebagai lembaga keuangan yang menawarkan layanan pembiayaan termasuk kredit sepeda motor (KSM), sering kali bank juga menawarkan beragam promo yang sayang banget kalau dilewatkan. Sebagai contoh BCA, memiliki layanan KSM BCA. 

sumber : siaran pers
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement