Resep Puding Bihun untuk Buka Puasa

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari

Selasa 21 Mar 2023 12:03 WIB

Puding dapat menjadi alternatif makanan untuk berbuka puasa/ilustrasi. Foto: Pixabay Puding dapat menjadi alternatif makanan untuk berbuka puasa/ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Bihun di dalam puding mungkin menjadi kombinasi yang tidak biasa. Tetapi dua hal ini bisa menghasilkan makanan manis yang lezat untuk berbuka puasa.  Memasak puding bihun sebanyak empat porsi  hanya membutuhkan waktu 40 menit, dari persiapan hingga makanan matang.

 

Baca Juga

Bahan-bahan:

1 liter susu.

Lima sendok makan gula putih.

Delapan biji kapulaga, atau sesuai selera (opsional).

Satu paket atau delapan ons paket pasta bihun, dipotong menjadi sepanjang empat inci atau sekitar 10 cm.

Delapan kismis, atau lebih sesuai selera (opsional).

 

 

Cara membuat puding bihun:

Didihkan susu, gula, dan biji kapulaga dalam panci; kurangi panas menjadi sedang-rendah dan didihkan selama lima menit. Masukkan bihun dan kismis ke dalam campuran susu, lalu aduk.

Didihkan sampai bihun empuk dan saus krim mengental, sekitar lima menit lagi. Angkat dari api dan diamkan hingga hangat, sekitar 15 menit. Jika puding terlalu kental, aduk sedikit saus susunya.

Dilansir dari All Recipes, sajian puding bihun (per porsi) mengandung kalori sebanyak 386 kalori. Kemudian, lemak sebanyak enam gram dan karbohidrat sebanyak 68 gram. Terakhir, puding bihun ini juga mengandung 15 gram protein.