Resep Oatmeal dengan Susu untuk Sahur

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari

Jumat 17 Mar 2023 06:14 WIB

 Oat bisa menjadi pilihan makanan sahur untuk orang yang merasa terlalu berat memakan nasi di waktu sahur.  (ilustrasi) Foto: Wikimedia Oat bisa menjadi pilihan makanan sahur untuk orang yang merasa terlalu berat memakan nasi di waktu sahur. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Oat bisa menjadi pilihan makanan sahur untuk orang yang merasa terlalu berat memakan nasi di waktu sahur. Anda bisa memasak oat ini dengan susu.

Dilansir dari Tea for Turmeric, inilah yang Anda butuhkan untuk membuat semangkuk oatmeal sederhana dengan susu.

Baca Juga

Pertama, air. Untuk mendapatkan tekstur yang tepat, Anda menginginkan air yang cukup agar oat menyerapnya tetapi tidak sepenuhnya matang di dalamnya.

Menggunakan terlalu sedikit air menghasilkan oat yang menggugah selera ditambah oatmeal yang berat. Sementara itu menggunakan terlalu banyak air menghasilkan oat yang lembek dan encer.

Kedua, oat. Tipe oat yang digunakan adalah menir oat utuh diproses dengan berbagai cara untuk membuat berbagai bentuk oatmeal. Resep ini membutuhkan rolled oats.

Anda dapat menggunakan metode yang sama untuk steel cut oats, tetapi Anda membutuhkan lebih banyak cairan dan waktu memasak yang lebih lama. Untuk itu, Anda dapat memasak steel cut oats di slow cooker atau Instant Pot.

Bagi Anda yang ingin menggunakan oat masak cepat (bukan oat instan), Anda benar-benar tidak membutuhkan air sama sekali untuk memasaknya dengan baik. Oat jenis ini sempurna untuk overnight oat.

Ketiga, susu. Anda bisa menggunakan susu murni atau susu apa saja asalkan tidak hancur setelah dididihkan.

Keempat, pemanis dan topping. Anda bisa memasukkan pemanis ke dalam oatmeal Anda, seperti gula tebu mentah, gula kelapa, sirup maple, dan madu. Jika Anda menggunakan gula dan yakin dengan jumlah yang Anda inginkan, Anda juga bisa menambahkannya bersama susu.

 

Cara Membuat oat dengan susu

 

Waktu yang dibutuhkan: 20 menit

 

· Didihkan air. Kemudian tambahkan oat dan sejumput garam (jika Anda menggunakannya).  Didihkan dengan api kecil.

 

· Masak hingga air menguap/berkurang dan oat setengah matang.

 

· Tambahkan susu dan besarkan api agar mendidih (atau biarkan mendidih sendiri). Kemudian kecilkan api dan biarkan mendidih selama 10 menit lagi. Aduk sesering  mungkin agar tidak menempel di dasar panci.

 

· Susu akan mengental dan berkurang, tetapi masih encer dan bisa dituang. Jika terlalu kental, tambahkan sedikit susu dan aduk hingga rata.