Malaysia Pantau Hilal Ramadhan pada 22 Maret

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 15 Mar 2023 18:48 WIB

Malaysia Pantau Hilal Ramadhan pada 22 Maret Foto: Antara/Iggoy el Fitra Malaysia Pantau Hilal Ramadhan pada 22 Maret

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Kantor otoritas penentu hilal Ramadhan Malaysia mengumumkan penampakan bulan baru untuk dimulainya puasa bagi umat Islam di Malaysia akan berlangsung pada Rabu (22/3/2023).

Melansir Malay Mail, Rabu (15/3/2023), Konferensi Penguasa telah menyepakati tanggal dimulainya puasa Ramadhan didasarkan pada rukyah (penampakan bulan baru) dan hisab (perhitungan). Otoritas akan mengumumkan tanggalnya melalui radio dan televisi pada malam itu.

Baca Juga

Masing-masing panitia akan berusaha melihat bulan baru pada malam hari tanggal 22 Maret di 29 lokasi di seluruh negeri. Lokasinya adalah Pontian Kecil, Johor; Kompleks Falak Al-Khawarizmi Kampung Balik Batu, Tanjung Bidara, Melaka, Kompleks Baitul Hilal Telok Kemang, Port Dickson, Negeri Sembilan, Bukit Melawati, Kuala Selangor; Observatorium Bukit Jugra, Banting, Kuala Langat dan Selangor, Sabak Bernam di Selangor.

Penampakan juga akan dilakukan di Pantai Pasir Panjang, Mukim Pengkalan Baru, Manjong (Perak), Pusat Falak Sheikh Tahir, Pantai Aceh (Penang), Kampung Pulau Sayak, Kuala Muda, Pemandangan Indah, Pulau Langkawi dan Menara Alor Setar di Kedah.

Lokasi lainnya adalah Bukit Besar, Kuala Terengganu; Bukit Geliga, Kemaman, Observatorium Pulau Perhentian, Besut dan KUSZA, Mukim Merang, Setiu (Terengganu), Bukit Peraksi, Pasir Puteh, Bukit Kampung Tembeling, Mukim Manjur, distrik Olak Jeram, Kuala Krai dan Menara Bangunan SEDC, Kota Bharu di Kelantan.

Pusat Falak Miri, Teluk Bandung, Kuching dan Tanjung Batu, Bintulu (Sarawak), Observatorium Al-Biruni, Tanjung Dumpil, Putatan (Sabah), Bukit Tanjong Batu, Nenasi, Gunung Berinchang, Dataran Tinggi Cameron dan Bukit Pelindong, Kuantan di Pahang.

Lantai 13, Menara Universiti Malaysia Sabah, Kampus Internasional Labuan, Menara Kuala Lumpur; Pusat Konvensi Internasional Putrajaya; dan Menara Pandang, Masjid Al-Hussain Kuala Perlis.