Selasa 14 Mar 2023 17:00 WIB

Talkshow Kesehatan RS PKU Solo Beri Tips Puasa Sehat Pasien Diabetes

Acara itu juga diisi diskusi dan tanya jawab yang menarik.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
Talkshow seputar kesehatan puasa bagi penderita diabetes di RS PKU Muhamadiyah Solo, Selasa (14/3/2023).
Foto: Muhammad Noor Alfian
Talkshow seputar kesehatan puasa bagi penderita diabetes di RS PKU Muhamadiyah Solo, Selasa (14/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Menjelang bulan suci Ramadhan, RS PKU Muhammadiyah Solo menyelenggarakan Talkshow Kesehatan bertajuk Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes Mellitus di Aula Baitul Hikmah RS PKU Muhammadiyah Solo, Selasa (14/3/2023).

Acara dihadiri 55 peserta yang merupakan pasien dan atau keluarga yang memiliki riwayat diabetes mellitus. Sedangkan dokter ahli yang didatangkan untuk acara bincang-bincang tersebut adalah dr Supriyanto Kartodarsono (dokter spesialis penyakit dalam) dan dr Amelya Augusthina Ayusari  (dokter spesialis gizi klinik).

Berlangsung sekitar dua jam, acara itu juga diisi diskusi dan tanya jawab yang menarik. "Bahwa penderita diabetes boleh berpuasa tetapi ada aturannya, yakni dengan memantau gula darah, memperhatikan obat yang diminum, dan tidak lupa untuk berkonsultasi ke dokter memastikan dibolehkannya puasa," kata Supriyanto, Selasa (14/3/2023).

Selain itu, asupan makanan juga perlu diperhatikan. Misalnya makanan yang dianjurkan adalah memiliki kadar serat yang tinggi.

 

"Untuk berpuasa perlu mempertimbangkan makanan yang diasup, hindari makanan yang tinggi gula dan digoreng, hindari konsumsi teh dan kopi sebelum berpuasa, dan makan yang tinggi seratnya sehat bagi penderita diabetes," ujar dia.

Acara yang dilaksanakan menjelang puasa Ramadhan 1444 H sekaligus re-launching Klub Sehat Diabetes Mellitus yang beranggotakan penderita atau keluarganya yang memiliki riwayat diabetes mellitus.

Launcing ditandai dengan pemukulan gong oleh Direktur yang didampingi ketua MPKU-PS PDM Kota Surakarta, konsultan Klub Sehat DM, dan koordinator pendamping klub.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement