Simpan Dulu, Ini Resep Es Semangka India, Minuman Segar untuk Berbuka Puasa

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda

Selasa 14 Mar 2023 16:36 WIB

Es semangka India, salah satu rekomendasi minuman segar untuk berbuka puasa. Foto: Dok cookpad Es semangka India, salah satu rekomendasi minuman segar untuk berbuka puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semangka dikenal sebagai buah yang mengandung banyak air. Rasanya manis dan menyegarkan.

Tak heran bila buah ini banyak digemari dan dijadikan berbagai kreasi minuman. Salah satunya yang sedang viral adalah es semangka india. Cocok nggak ya untuk menu berbuka puasa?

Baca Juga

CEO Cookpad Indonesia, Soegianto, mengatakan es semangka india pas untuk dijadikan menu pembuka karena menggunakan buah-buahan yang dapat mengembalikan kadar gula darah selama puasa. Ia pun memberikan sedikit catatan.

"Demi kesehatan, komposisi makanan harus seimbang, cairan harus tercukupi, dan pemilihan jenis dan suhu minuman juga harus sesuai sehingga kita dapat menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa," ujarnya kepada Republika.co.id, Selasa (14/3/2023).

Berikut ini resep es semangka india yang dikutip dari Cookpad. Resep ini dibuat oleh @atnihsD dari Bandar Lampung, Lampung.

"Hai, Moms... gimana kabarnya hari ini? Hari ini aku ingin membagikan resep minuman dingin yang pastinya bakal disukai orang-orang rumah. Bahan-bahannya mudah didapat dan cara membuatnya pun gampang banget. Yuk, simak resepnya!," ujarnya di Cookpad.

Resep Es Semangka India

Durasi pembuatan: 10 menit

Bisa untuk lima orang

Bahan-bahan:

500 gram buah semangka

1 sdm biji selasih

200 gram nata de coco

750 ml air

100 ml sirup cocopandan

5 sdm gula pasir

secukupnya es batu (opsional)

Terpopuler