Cara Membuat Telur Orak-Arik Ala Chef Bintang Michelin, Cocok untuk Menu Sahur Si Kecil

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda

Senin 13 Mar 2023 20:24 WIB

Food blogger Maxine Sharf memperlihatkan cara Michelin-star chef Thomas Keller membuat telur orak-arik. Ia menyajikannya di atas roti. Foto: Dok TikTok @maxiskitchen Food blogger Maxine Sharf memperlihatkan cara Michelin-star chef Thomas Keller membuat telur orak-arik. Ia menyajikannya di atas roti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Telur orak-arik adalah salah satu menu telur termudah yang dapat dimasak oleh seseorang. Namun. ternyata ada cara tersendiri untuk membuat telur orak-arik yang lezat.

Telur orak-arik juga merupakan menu simpel yang aroma dan penampilannya dapat menggugah selera makan si kecil saat sahur di bulan puasa. Dilansir dari Express, Senin (13/3/2023), seorang foodie bernama Maxine Sharf membagikan caranya membuat telur orak-arik seperti koki berbintang Michelin, Thomas Keller.

Baca Juga

Sharf membagikan resep telur orak-arik yang mudah dibuat melalui akun TikTok @maxiskitchen. Dia mengaku telah memasak sejak lama.

"Saya ingin membuat telur orak-arik seperti koki bintang Michelin, jadi saya mempelajari metode Thomas Keller dan mencobanya," kata Sharf dalam videonya.

Untuk membuatnya, Sharf membutuhkan tiga telur, garam, merica, dan mangkuk kecil. Menggunakan mangkuk kecil adalah bagian penting dari resep Keller karena itu akan memudahkan membuang serpihan cangkang telur jika jatuh ke mangkuk.

Sharf membumbui telur mentahnya dengan merica dan garam sebelum mulai mengocoknya. Anda juga bisa menggunakan blender jika mau.

Dalam resep asli Thomas Keller, penggunaan chinois--saringan berbentuk kerucut--direkomendasikan untuk mencampur telur sebelum memasaknya. Namun, Sharf menggunakan saringan dan tampaknya berfungsi dengan baik.

Dalam videonya, Sharf menjelaskan Keller menyaring telurnya untuk memecah protein. Sharf lalu memasukkan adonan ke dalam panci di atas kompor. Koki media sosial itu mengingatkan untuk masak dengan api kecil dan menambahkan tambahan crème fraiche di bagian akhir.

Dalam resep Thomas Keller, menurut Sharf, butuh tiga sendok makan (sekitar 48 gram) mentega untuk memasak telur orak-arik. Masukkan mentega di wajan baru kemudian telurnya. Dia juga menyatakan penting untuk mengocok telur "perlahan dan terus-menerus" serta memasak telur dengan lembut.

Begitu telur "menyerupai bubur", barulah Anda membesarkan api sedikit. Di akhir resep, dia menyarankan untuk menambahkan setengah sendok teh mentega, crème fraiche, dan peterseli.