Senin 13 Mar 2023 10:11 WIB

Kiat Jualan Online Laris Manis Saat Ramadhan

Ramadhan kerap menjadi momen untuk pelaku usaha meningkatkan penjualan.

Ramadhan kerap menjadi momen yang banyak dinantikan pada pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan, mengingat tingginya animo masyarakat untuk berbelanja berbagai kebutuhan di bulan tersebut./ilustrasi.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ramadhan kerap menjadi momen yang banyak dinantikan pada pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan, mengingat tingginya animo masyarakat untuk berbelanja berbagai kebutuhan di bulan tersebut./ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Ramadhan kerap menjadi momen yang banyak dinantikan pada pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan, mengingat tingginya animo masyarakat untuk berbelanja berbagai kebutuhan di bulan tersebut.

Data internal dari platform belanja daring Tokopedia menunjukkan bahwa selama Ramadhan 2022, terdapat peningkatan jumlah product page view sebesar 50 persen dan peningkatan jumlah pesanan lebih dari 77 persen dibandingkan Ramadhan 2021.

Baca Juga

Berikut ini beberapa tips agar pelaku usaha bisa meningkatkan penjualan online di bulan Ramadhan, sebagaimana tertulis dalam keterangan resmi Tokopedia, Rabu.

Cari tahu produk yang laris di bulan puasa

Direktur Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak mengatakan, melakukan riset untuk melihat produk yang paling diminati masyarakat sangat penting dilakukan oleh pelaku usaha.

Para pelaku usaha dapat memanfaatkan fitur khusus untuk melihat kata kunci yang paling sering dicari atau digunakan pembeli hingga produk terpopuler berdasarkan daerah dan kategori.

Selama Ramadhan 2022, data internal Tokopedia mencatat produk seperti kartu ucapan, hampers atau parsel kue kering, dan perlengkapan rumah tangga seperti bantal dan guling, menjadi beberapa produk yang paling banyak diburu.

 

Percantik halaman toko

Halaman toko dan produk yang menarik berpotensi membuat pembeli semakin tertarik mengeklik. Nuraini menambahkan bahwa selain halaman toko, halaman produk pun penting diperhatikan para penjual.

"Foto produk harus jelas dan menampilkan kelebihannya. Judul dan deskripsi produk juga harus lengkap supaya semakin informatif dan mengakomodasi pertanyaan dari para calon pembeli," katanya.

 

Aktifkan promo bebas ongkos kirim

Berdasarkan data internal Tokopedia, lebih dari setengah pesanan selama Ramadhan 2022 dikirim dengan bebas ongkos kirim. Karenanya, penjual dapat mengaktifkan fitur Bebas Ongkir untuk meningkatkan penjualan bahkan menjangkau lebih banyak pembeli di seluruh penjuru di Indonesia.

 

Jual produk parsel Ramadhan

Sepanjang Ramadhan 2022, penjualan parsel di Tokopedia tercatat melonjak hampir dua kali lipat. Untuk itu pada Ramadhan tahun ini, penjual bisa mendongkrak penjualan lewat parsel. Selanjutnya, penjual bisa menggunakan fitur khusus untuk menambahkan kartu ucapan dan kemasan khusus untuk mempermudah pembeli.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement