Sabtu 11 Mar 2023 23:00 WIB

Menjaga Semangat Ramadhan

Ada sejumlah cara untuk menhaga semangat Ramadhan.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Semangat Ramadhan (Ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Semangat Ramadhan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kurang dari 15 hari Muslim di seluruh dunia akan menjalani puasa Ramadhan. Di bulan ini, kekurangan makanan dan air di siang hari dapat membuat orang merasa lelah dan lesu.

Meski beberapa negara mengambil kebijakan mengurangi jam kerja dan sekolah, tetapi akan tetap terasa sulit untuk tetap menjaga semangat dan fokus sepanjang hari.

Baca Juga

Dilansir di Al Arabiya, Sabtu (11/3/2023), di bawah ini ada lima cara yang bisa dilakukan Muslim untuk mencegah kelelahan selama berpuasa.

1. Perbanyak air putih

Meski terasa berlebihan, tetapi penting untuk memastikan asupan air harian tetap terpenuhi selama Ramadhan. Cobalah untuk minum setidaknya 8-10 gelas air selama jam-jam non-puasa, untuk mencegah dehidrasi. Konsumsi minuman ini juga bisa diselingi dengan air buah (fruit-infused water), jus segar, air kelapa dan teh herbal.

2. Hindari kafein

Karena umat Islam tidak dapat minum apa pun saat berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam, mereka yang terbiasa menikmati teh atau kopi pagi biasanya melampiaskan keinginan akan kafein setelah berbuka puasa.

Namun, terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa membuat tubuh merasa sangat dehidrasi. Karena itu, sebaiknya batasi jumlah kopi, teh, atau minuman bersoda yang diminum setelah berbuka puasa.

3. Sering-seringlah tidur siang

Tidur secara drastis dapat memengaruhi tingkat energi. Selama Ramadhan, ketika sebagian besar aktivitas dilakukan setelah matahari terbenam, penting untuk memastikan seseorang mendapatkan istirahat yang cukup.

Tidur siang singkat di siang hari dapat membantu seorang Muslim yang puasa mengisi ulang energinya. Durasi tidur siang ini bisa dilakukan selama 15 atau 30 menit dan cukup untuk membantu menjalani sisa hari.

4. Konsumsi makanan yang sehat saat buka puasa

Muslim dianjurkan untuk berbuka puasa dengan makanan sehat, seperti kurma, buah-buahan dan sayuran. Jenis-jenis makanan ini dipercaya dapat membantu seseorang menjaga tingkat energi.

Banyak pihak yang mengimbau agar menghindari makan makanan yang digoreng dan bergula saat berbuka, karena bisa membuat seseorang merasa lesu. Cobalah untuk makan seimbang dengan protein, sayuran dan karbohidrat, agar merasa lebih puas dan bergizi baik.

5. Hindari aktivitas fisik yang berlebihan

Aktivitas fisik yang berat saat berpuasa dapat membuat seseorang merasa lelah setelah berbuka puasa. Sebagai gantinya, cobalah untuk melakukan olahraga dengan intensitas rendah, seperti berjalan kaki atau yoga. 

Sumber:

https://english.alarabiya.net/features/2023/03/10/Ramadan-Five-ways-to-feel-energized-throughout-the-holy-month

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement