Apa yang Perlu Dipersiapkan untuk Dapat Berkah Ramadhan?

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 21 Mar 2023 08:05 WIB

Apa yang Perlu Dipersiapkan untuk Dapat Berkah Ramadhan? Foto: Antara/Syifa Yulinnas Apa yang Perlu Dipersiapkan untuk Dapat Berkah Ramadhan?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan sudah semakin dekat. Umat Islam dianjurkan untuk menyambut bulan suci ini dengan riang gembira. Pada bulan ini, umat Islam menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh dan memperbanyak ibadah untuk lebih dekat kepada Allah SWT.

Lalu apa saja langkah praktis yang bisa dilakukan umat Islam untuk mempersiapkan diri menghadapi bulan penuh berkah ini?

Baca Juga

Setiap Muslim tentu harus mempersiapkan diri untuk menyambut bulan Ramadhan yang penuh berkah ini dengan memperkuat hubungannya dengan Alquran, menyibukkan diri dengan semangat puasa dan menghidupkan kembali spiritualnya.

Dilansir dari About Islam, Jumat (10/3/2023), dosen senior dan cendekiawan Islam di Institut Islam Toronto Kanada, Syekh Ahmad Kutty membagikan beberapa tips bagi umat Islam untuk menyambut Ramadhan tahun ini.

Dia mengawali penjelasannya dengan mengutip ayat Alquran Surat al-Baqarah, Allah SWT berfirman:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ

“Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).” (Al-Baqarah [2]:185).

Ramadhan adalah bulan yang sangat diagungkan bagi umat Islam. Untuk mendapatkan berkah Ramadhan, sebaiknya umat Islam mempersiapkannya dengan membuka hati dan pikiran.

Berikut beberapa tips dari Syekh Ahmad Kutty untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Apa yang Perlu Dipersiapkan untuk Dapat Berkah Ramadhan?

1. Memberdayakan diri sendiri dengan mempelajari sebanyak mungkin tentang hukum serta manfaat puasa.

2. Kita harus memastikan mendapatkan manfaat sejati dari puasa. Mari kita pastikan untuk mewujudkan semangat puasa. Saat berpuasa, kita tidak hanya perlu menahan diri dari makanan, minuman, dan hubungan intim, tetapi juga harus mengendalikan pikiran secara ketat. Kita harus menjaga hati, mata, telinga, tangan, dan lidah saat berpuasa.

3. Merangkul semangat puasa seperti yang ditekankan dalam hadits: beramal dan berbelas kasih sebanyak yang kita bisa.

4. Memperkuat hubungan kita dengan Alquran karena, Ramadhan adalah bulannya Alquran.

5. Memperbanyak dzikir.

6. Membangun umat dengan memperbanyak amal dan kasih sayang, serta memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan sebanyak yang kita bisa.