Permintaan Meningkat Jelang Ramadhan, Muslim Food Bank Cari Donasi

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil

Jumat 10 Mar 2023 16:29 WIB

 Permintaan Meningkat Jelang Ramadhan, Muslim Food Bank Cari Donasi. Foto ilustrasi:  Jamaah menikmati makanan berbuka puasa di Masjid London Timur, Inggris selama Ramadhan 2022. Foto: Rehan Jamil/East London Mosque Permintaan Meningkat Jelang Ramadhan, Muslim Food Bank Cari Donasi. Foto ilustrasi: Jamaah menikmati makanan berbuka puasa di Masjid London Timur, Inggris selama Ramadhan 2022.

REPUBLIKA.CO.ID,VANCOUVER -- Muslim Food Bank di Vancouver berharap di bulan Ramadhan mendatang ada banyak orang yang terbantu dengan kehadirannya. Namun, akhir-akhir ini mereka mengalami kesulitan untuk memenuhi peningkatan permintaan selama setahun terakhir.

Organisasi itu mengatakan lebih dari seribu permintaan bermunculan setiap bulannya. Kebutuhan akan bantuan makanan meningkat, karena lebih banyak pendatang baru dari Afghanistan dan Suriah.

Baca Juga

“Kami sekarang melayani antara tiga hingga empat ribu orang setiap bulan. Permintaannya sangat tinggi," kata CEO Muslim Food Bank, Azim Dahya, dikutip di CTV News, Jumat (10/3/2023).

Dia meluncurkan Bank Makanan Muslim ini pada 2010. Sejak saat itu, ia berupaya membuka lebih banyak lokasi di seluruh negeri dan melayani komunitas Muslim.

Komunitas Muslim membutuhkan makanan halal karena keyakinan mereka. Menurut Dahya, untuk memenuhi kebutuhan ini membutuhkan dana yang besar karena harga yang lebih mahal dan inflasi semakin memperburuk kondisinya.

“Makanan yang naik harganya, gila-gilaan. Satu tahun lalu beli minyak sekitar 7 dolar (Rp 108.311), sekarang jadi 12 dolar (Rp 185.676),” ucap Dahya.

Dia juga mengatakan keluarga Muslim juga menghadapi kesulitan membayar sewa. Meski organisasi berupaya mencoba membantu mereka dengan keterampilan bahasa dan pekerjaan, bank makanan ini sangat membutuhkan dukungan publik.

Jika stok yang ada menipis, ada kemungkin mereka akan mengurangi ukuran makanannya. Tapi, Dahya berharap hal ini tidak sampai terjadi, terutama dengan Ramadhan yang semakin dekat. Ia memiliki keinginan untuk menambah makanan yang disediakan.

“Setiap hari, kami kedatangan klien baru. Setiap hari, kami memiliki sekitar lima hingga 10," kataseorang karyawan di program tersebut,  Marfat Hamra.

Ia juga menyebut merasa tidak enak dengan kondisi saat ini. Banyak Muslim yang meninggalkan segalanya di negara asal dan datang ke kota tersebut. Pihaknya pun mencoba untuk membantu mereka sebanyak mungkin.

Organisasi tersebut mengatakan harapannya agar masyarakat ikut turun tangan selama masa-masa sulit ini. Masyarakat setempat bisa ikut menawarkan rasa kebersamaan dan memiliki, bagi mereka yang seluruh hidupnya telah dijungkirbalikkan.

Muslim Food Bank merencanakan makan malam penggalangan dana di Taj Convention Center di Surrey, Sabtu (18/3/2023) mendatang.  

Sumber:

https://bc.ctvnews.ca/muslim-food-bank-seeking-donations-as-it-struggles-to-meet-increased-demand-1.6307373