Jumat 10 Mar 2023 15:34 WIB

Bupati Hengky Pastikan Pemilu 2024 di KBB Sukses

Hak politik warga KBB harus terfasilitasi di Pemilu 2024

Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan menunjukkan tanda bukti pada rumah yang telah mengikuti proses pencocokan dan penelitian (coklit) untuk data DPS Pemilu 2024.
Foto: Istimewa
Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan menunjukkan tanda bukti pada rumah yang telah mengikuti proses pencocokan dan penelitian (coklit) untuk data DPS Pemilu 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) optimistis, pelaksanaan Pemilu 2024 akan berlangsung sukses. Optimisme itu terlontar seusai Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan menggelar rapat dengan KPU dan Panwaslu KBB di Kantor Pemkab Bandung Barat, belum lama ini.

photo
Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan menyaksikan proses coklit dari petugas KPU KBB, belum lama ini. - (Istimewa)

Dalam laporan KPU KBB, terungkap bahwa Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) yang dikirim dari Kemendagri sesuai dengan kartu kerluarga di KBB. ‘’Alhamdulillah DP4 dan Kartu Keluarga, semuanya sesuai,’’ ujar Kang Hengky.

photo
Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan menyimak penjelasan KPU KBB terkait persiapan Pemilu 2024 di kantornya, belum lama ini. - (Istimewa)

Menindaklanjuti DP4 yang diterima dari Kemendagri, KPU KBB melakukan tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). Tahapan coklit di KBB berlangsung sejak 12 Februari hingga 14 Maret 2023.

Hengky mengimbau seluruh masyarakat KBB turut mendukung dan menerima para petugas coklit yang akan berkunjung ke rumah-rumah warga. ‘’Mari kita dukung dan sukseskan pemilu yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024,’’ tambahnya.

Baca juga : Konvoi Bawa Sajam, Puluhan Pelajar di Puncak Bogor Ditangkap Polisi

Kata Hengky, Pemilu merupakan pesta demokrasi, sehingga harus diikuti dengan berbahagia. Pihaknya optimistis, Pemilu 2024 di KBB akan berlangsung sukses dan berkualitas. Untuk itu, pihaknya mengajak semua pihak untuk sama-sama mengawal dan mendukung Pemilu 2024.

Hengki meminta KPU KBB untuk memastikan seluruh hak politik masyarakatnya terfasilitasi di Pemilu 2024. ‘’Jangan sampai ada warga yang tidak bisa menyalurkan hak politiknya,’’ tegasnya.    

Sementara Ketua KPU KBB Adi Saputro mengharapkan seluruh masyarakat KBB dapat terdata dengan baik dalam tahapan coklit kali ini. Dengan demikian, dapat diperoleh data yang lebih akurat sebagai dasar yang akan digunakan sebagai DPS untuk ditetapkan DPT Pemilu 2024.

‘’Hasil coklit ini akan menjadi dasar dalam menentukan DPS yang akan dijadikan DPT,’’ kata Adi. Secara umum, pendataan coklit berjalan dengan baik. Sedikit kendalanya, tutur dia, yakni kondisi geografis Bandung Barat yang menjadi tantangan petugas di lapangan. Meski demikian, pihaknya masih dapat menjangkau semuanya secara langsung sebagaimana mestinya. ril

Baca juga : Artis Ammar Zoni Ditangkap Polisi Terkait Narkoba

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement