Kamis 09 Mar 2023 16:58 WIB

Pemerintah Matangkan Kesiapan Mudik di Pelabuhan Merak

Jasa Raharja dan pemerintah menggelar survei ke Pelabuhan Merak dan Ciwandan.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A Purwantono. PT Jasa Raharja (Persero) bersama Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, dan Korlantas Polri, menggelar survei ke Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan pada awal pekan ini.
Foto: Istimewa
Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A Purwantono. PT Jasa Raharja (Persero) bersama Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, dan Korlantas Polri, menggelar survei ke Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan pada awal pekan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jasa Raharja (Persero) bersama Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, dan Korlantas Polri, menggelar survei ke Pelabuhan Merak dan Pelabuhan Ciwandan pada awal pekan ini. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka meninjau kesiapan Operasi Ketupat 2023.

Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A Purwantono mengatakan, survei kesiapan tersebut merupakan rangkaian kegiatan rutin yang dilaksanakan menjelang momen mudik tahun ini. “Salah satu tujuannya, untuk memastikan kesiapan infrastruktur dan pengamanan menjelang momen mudik Lebaran,” kata Rivan dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (9/3/2023).

Baca Juga

Rivan menuturkan, pelabuhan sebagai salah satu jalur mudik antar pulau yang menjadi titik krusial. Dia mengharapkan, dengan berbagai sosialisasi serta persiapan yang dilakukan secara matang, pelaksanaan mudik Lebaran 2023 berjalan aman dan kondusif serta zero accident.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat, untuk memanfaatkan program mudik gratis, baik yang diselenggarakan pemerintah, BUMN, maupun pihak lainnya,” ucap Rivan.

Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan, tinjauan dilakukan tidak hanya pada kesiapan pelabuhan. Firman mengatakan, pemantauan juga dilakukan terhadap akses jalan menuju ke sana.

“Dari tinjauan ini, kami mengkaji skema pengaturan arus lalu lintas. Nantinya, kami juga akan melakukan manajemen rekayasa lalu lintas, baik di jalan tol maupun nontol,” tutur Firman.

Firman mengimbau masyarakat yang akan mudik dan balik, dapat menggunakan ruas jalan dengan tertib. Selain itu juga tetap mematuhi aturan serta imbauan petugas di lapangan.

“Dengan demikian, kita harapkan kegiatan mudik dapat berjalan dengan aman, nyaman dan lancar,” kata Firman.

Tinjauan dilakukan ke Rest Area kilometer 43 A, 68 A Tol Tangerang-Merak, PT Pelindo II Ciwandan, dan kilometer 97 A Tol Tangerang Merak. Lalu dilanjutkan dengan pengecekkan ke Dermaga Pelabuhan ASDP Merak.

Sebelumnya, survei telah dilakukan ke sejumlah wilayah seperti jalur pantai utara (pantura). Begitu juga jalur pantai selatan (pansela) dan jalur Tol Jakarta hingga Surabaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement