Kamis 02 Mar 2023 09:04 WIB

LMI Salurkan Bantuan untuk Penyintas Gempa Turki

relawan LMI melakukan penyaluran 50 tabung gas untuk penyintas gempa di Turki

relawan LMI melakukan penyaluran 50 tabung gas untuk para penerima manfaat bagi penyintas gempa Turki.
Foto: dok LMI
relawan LMI melakukan penyaluran 50 tabung gas untuk para penerima manfaat bagi penyintas gempa Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Turki kembali dilanda gempa susulan, Senin (27/02). Gempa ini memakan cukup banyak korban. Dalam pemulihan keadaan tersebut, relawan LMI di Turki melakukan pencarian dan penyelamatan korban gempa. Aksi kemanusiaan itu, kemudiaan dilanjutkan dengan pemberian tabung gas bagi penyintas gempa di Cifte Kastal Caddesi Kurtderesi Mahallesi Samandag, Turki.

Adhi Kristiawan atau lebih dikenal Bang Ray, relawan LMI melakukan penyaluran 50 tabung gas untuk para penerima manfaat bagi penyintas gempa Turki. Sebelumnya Bang Ray bersama bang Gery dan Fatir dari mitra relawan LMI yang disebut sebagai RENUS melakukan penyelamatan dan pendirian tenda darurat untuk menampung para korban bencana. 

Baca Juga

“Pada saat terjadi gempa susulan 5.6 Sr. Kemarin kami sempat merasakan juga. Kalau 4 Sr kebawah sih, setiap hari ada berkali-kali. Gedung hancur hanya 3 di daerah Kota Malayta. Kondisi terkini aman, hanya warga makin trauma. Terutama wanita”, ungkapnya dalam siaran pers yang diterima. 

Lebih lanjut, Bang Ray mengatakan bahwa gempa susulan yang terjadi waktu itu menimbulkan kerusakan pada gedung kosong yang sudah mengalami keretakan pada bagian dinding akibat gempa sebelumnya sehingga memakan banyak korban di sekitar lokasi bangunan roboh. Korban itu kemudian dipindahkan ke tempat yang lebih aman. "Gedung yang hancur hanya gedung kosong yang sudah retak, karena gempa sebelumnya Saat ini warganya sudah menempati lokasi camp-camp pengungsian yang ada," tambahnya.

Ambruknya gedung-gedung di dekat pusat gempa melukai puluhan warga sehingga perlu dilarikan ke tenda-tenda darurat untuk mendapatkan pertolongan pertama dan obat-obatan untuk memulihkan kondisi fisik mereka. Dalam camp juga sudah disediakan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari korban. 

Bantuan-bantuan suka rela yang terkumpul sangat dirasakan manfaatnya. Para korban merasa terbantu dengan tersedianya kebutuhan yang diperlukan selama di camp pengungsian bencana. Seperti salah satunya adalah adanya tabung gas untuk memasak makanan. “Terima kasih para donatur LMI, Alhamdulillah hari ini 50 tabung gas sudah tersalurkan untuk para penyintas gempa Turki”, ujar salah satu korban gempa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement