Ahad 26 Feb 2023 11:21 WIB

PKS dan Nasdem Dinilai Prioritaskan Penyelesaian Tiket Pencalonan Anies

Menyerahkan masalah cawapres ke Anies dinilai langkah yang tepat.

Partai Nasdem dan PKS dinilai lebih prioritaskan penyelesaian tiket pencapresan Anies Baswedan, Foto  Anies Baswedan memberikan salam kepada peserta Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PKS 2023 di Jakarta, Jumat (24/2/2023).
Foto: Republika/Prayogi.
Partai Nasdem dan PKS dinilai lebih prioritaskan penyelesaian tiket pencapresan Anies Baswedan, Foto Anies Baswedan memberikan salam kepada peserta Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PKS 2023 di Jakarta, Jumat (24/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Peneliti dari Indikator Politik Indonesia (IPI) Bawono Kumoro menilai, sikap dari PKS dan Partai Demokrat untuk serahkan keputusan mengenai cawapres kepada Anies Baswedan merupakan keputusan sangat bijak dan patut diacungi dua jempol.

Sikap tersebut, menurut Bawono, menunjukkan ada hal prioritas utama lain, dari kedua partai ini, sebagai bagian dari partai koalisi pendukung Anies, ketimbang penentuan calon wakil presiden.  “Prioritas itu adalah penguatan soliditas koalisi terutama memastikan tiket pencalonan,” kata Bawono, dalam pesan tertulisnya, Ahad (26/2/2023). 

Prioritas lain itu, menurut Bawono, juga terkait penguatan jaringan guna memperkuat koordinasi ketiga partai politik itu, mulai dari tingkat pusat hingga daerah. “Termasuk  juga rencana sosialisasi politik dengan mengujungi daerah-daerah untuk meningkatkan tingkat popularitas mantan Gubernur DKI Jakarta itu,” papar Bawono.

Kesepatan yang dicapai antara Partai NasDem, Demokrat dan PKS untuk mengusung Anies, serta membentuk koalisi perubahan, kata Bawono, berpotensi menarik partai politik lain untuk bergabung. Terutama partai yang belum memiliki figur dengan tingkat elektabilitas menjanjikan sebagai bakal calon presiden.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement