Ahad 26 Feb 2023 13:18 WIB

Zaskia Adya Mecca Lebih Suka Merek Lokal, Mengapa?

Kualitas merek lokal tak kalah dengan merek luar negeri.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Zaskia Adya Mecca mengaku lebih memilih menggunakan produk lokal atau produk UMKM dibanding barang bermerek dari luar negeri.
Foto: Desy Susilawati/Republika
Zaskia Adya Mecca mengaku lebih memilih menggunakan produk lokal atau produk UMKM dibanding barang bermerek dari luar negeri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Zaskia Adya Mecca, artis sekaligus pengusaha ini mengaku lebih memilih menggunakan produk lokal atau produk UMKM dibanding barang bermerek dari luar negeri. Apa sebenarnya yang melatarbelakangi Zaskia melakukan hal tersebut?

"Lihat saja dari postingan saya, dari pertama saya posting. Saya hampir tidak pernah pakai barang branded dari luar negeri," ungkap pendiri Zaskiamecca ini dalam acara Legendary Brand Festival 2023 di Jakarta, Sabtu (25/2/2023).

Baca Juga

Menurutnya, harga barang branded dari luar negeri tidak masuk akal. "Saya tidak akan mengeluarkan uang puluhan juta cuma untuk sekadar tas. Buat apa? Sama-sama bisa bawa barang, barang saya juga tidak ada jaminan tiba-tiba berkembang biak harga puluan juta itu, kalau buat saya ya," ujar Zaskia.

Selain itu, menurut Zaskia, tas bermerek luar negeri dan dalam negeri memiliki fungsi yang sama. Ketika fungsinya sama, Zaskia lantas mempertanyakan mengapa harus mengeluarkan dana besar untuk kualitasnya yang sama baiknya.

"Tanpa disadari uang besar, bangga dong pakai brand ini, misalnya pakai brand A mengapa kamu harus bangga pakai brand A, ketika kamu bangga, mengapa kamu bisa tidak bangga pakai produk lokal, karena itu kan produk luar," papar istri Hanung Bramantyo.

Perempuan kelahiran 8 September 1987 ini mengatakan warga negara Indonesia ini sudah dijajah. Penjajahan baginya tidak selalu yang terlihat bentuknya, tapi juga ada penjajahan pikiran.

"Jadi penjajahan pikiran apa? Sehingga membuat orang ketika pakai brand ini, itu keren. Buat saya, pikiran sudah terjajah oleh brand tersebut. Padahal fungsinya sama, kualitasnya mungkin ada yang sama dengan harga jauh berbeda, lokal brand juga. Ya, saya tidak mau terjajah secara pikiran oleh brand-brand luar, saya memang lebih bangga pakai brand lokal," jelas Zaskia.

Ibu lima anak ini mengatakan merek lokal itu memiliki kualitas oke, produknya nyaman dipakai, kelihatan keren dan harganya terjangkau.

Zaskia mengakui memang ada sebagian orang yang malu pakai barang murah. Namun tidak baginya. "Saya selalu bangga ketika bisa pakai barang dengan kualitas bagus, brand lokal dan harga murah," ujarnya.

Zaskia mengaku pernah mendapatkan tas kulit yang keren seharga Rp 100 ribu yang dibelinya di Yogyakarta. Ia bahkan tidak malu memakai dan menceritakan pada temannya mengenai tas tersebut. "Buat saya itu suatu hal yang oke saja, dapat kualitas bagus, lokal dan harganya murah," tambah Zaskia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement