Jumat 24 Feb 2023 09:37 WIB

Prediksi 23 Pemain Timnas U-20 yang Diboyong ke Uzbekistan

Beberapa pemain terlambat bergabung karena tidak dilepaskan oleh klub.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Yusuf Assidiq
Pesepakbola Timnas U-20 saat berlatih di Lapangan A Senayan, Jakarta, Rabu (15/2/2023). Timnas U-20 menjalani pemusatan latihan jelang kejuaraan Piala Asia U-20 2023.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pesepakbola Timnas U-20 saat berlatih di Lapangan A Senayan, Jakarta, Rabu (15/2/2023). Timnas U-20 menjalani pemusatan latihan jelang kejuaraan Piala Asia U-20 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-20 telah melakoni tiga laga uji coba dalam turnamen mini selama pemusatan latihan (TC) sebelum pentas di Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan pada 1-18 Maret 2023. Pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong telah menilai para pemainnya selama persiapan tersebut dan hanya akan memilih 23 pemain terbaik untuk diboyong ke Uzbekistan.

Pelatih asal Korea Selatan itu sudah memanggil 30 pemain untuk mengikuti TC sejak akhir Januari. Memang ada beberapa pemain yang terlambat bergabung karena tidak dilepaskan oleh klub yang masih membutuhkan jasa pemain tersebut.

Persija Jakarta dan Persib Bandung sempat menahan para pemain yang dipanggil ke Timnas Indonesia. Robi Darwis, Kakang Rudianto, dan Ferdiansyah tidak dilepas secara bersamaan oleh Persib Bandung.

Robi jadi yang lebih dulu bergabung dengan Shin Tae-yong sejak awal Februari. Sementara Kakang dan Ferdiansyah, baru berangkat usai pertandingan Persib vs PSM Makassar pada 14 Februari 2023.

Dari Persija Jakarta, ada sembilan pemain yang dipanggil ke pemusatan Timnas Indonesia U-20. Mereka adalah Achmad Maulana Syarif, Frengky Missa, Ginanjar Wahyu, Resa Aditya Nugraha, Barnabas Sobor, Alfriyanto Nico, Cahya Supriadi, Dony Tri Pamungkas, dan Muhammad Ferarri.

Pelatih Persija, Thomas Doll, awalnya keberatan dan hanya melepas Maulana, Frengky, Ginanjar, dan Barnabas. Namun setelah melewati beberapa diskusi, Persija akhirnya mau melepas Cahya dengan syarat kiper itu harus dikembalikan ke klub H-1 pertandingan Persija karena Cahya menjadi kiper utama Persija.

Kemudian Nico dan Dony juga dilepaskan hingga yang terakhir Ferarri. Selain pemain-pemain dari kedua tim tersebut, Shin Tae-yong sempat kecewa dengan Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan yang menerima panggilan dari klub luar negeri tanpa berkomunikasi dengannya.

Ronaldo bergabung dengan klub Bodrumspor yang bermain di kasta kedua sepak bola Turki, sementara Marselino bergabung dengan klub Belgia, KMSK Deinze. Dari ke-30 pemain yang telah dipanggil ke Timnas Indonesia, Shin telah memastikan satu nama yang tidak akan membela tim Merah Putih di Piala Asia U-20 Uzbekistan.

Ia adalah Marselino Ferdinan yang saat ini membela Deinze. Pasalnya, Marselino dipastikan baru akan bergabung pada April 2023 saat kompetisi kasta kedua di Belgia sudah menyelesaikan musim kompetisi 2022/2023.

"Marselino tidak akan ikut ke Piala Asia U-20 2023," kata Shin Tae-yong usai laga terakhir turnamen mini. "Dia baru akan bergabung pada 9 April ketika liga di Belgia selesai, dia akan bergabung dengan Timnas Indonesia U-20 sampai selesai Piala Dunia U-20," ujarnya.

Dengan begitu, nama-nama lain akan disiapkan untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Marselino. Arkhan Fikri dan Zanadin Faris mungkin menjadi opsi terbaik bagi Shin Tae-yong. Mereka kerap menjadi andalan di lini tengah selama turnamen mini.

Selain itu, ada juga Resa Aditya yang mampu menunjukkan kualitasnya selama turnamen mini. Ada pula enam nama lain yang kemungkinan akan dicoret oleh Shin Tae-yong berdasarkan menit bermain yang diberikan selama turnamen mini.

Mereka adalah Arkhan Kaka, Raia Irvanza, Brandon Scheunemann, Barnabas Sobor, Erlangga Setyo, dan Frezy Al Hudaifi. Mereka kemungkinan tidak akan diboyong ke Uzbekistan karena sedikitnya menit bermain yang diberikan selama turnamen mini.

Dengan begitu ada 23 nama yang tersisa yang akan diboyong ke Uzbekistan, mereka adalah:

1. Arkhan Fikri - Arema FC

2. Dimas Juliano Pamungkas - Bhayangkara FC

3. Daffa Fasya Sukawijaya - Borneo FC

4. Rabbani Tasnim Siddiq - Borneo FC

5. Ronaldo Joybera R. Junior Kwateh - Madura United

6. Aditya Arya Nugraha - Persebaya Surabaya

7. Ferdiansyah - Persib Bandung

8. Kakang Rudianto - Persib Bandung

9. Robi Darwis - Persib Bandung

10. Achmad Maulana Syarif - Persija Jakarta

11. Alfriyanto Nico Saputro - Persija Jakarta

12. Cahya Supriadi - Persija Jakarta

13. Doni Tri Pamungkas - Persija Jakarta

14. Frengky Deaner Missa - Persija Jakarta

15. Ginanjar Wahyu Ramadhani - Persija Jakarta

16. Muhammad Ferarri - Persija Jakarta

17. Resa Aditya Nugraha - Persija Jakarta

18. Hugo Samir - Persis Solo

19. Marcell Januar Putra - Persis Solo

20. Zanadin Faris - Persis Solo

21. Muhammad Dzaky Asraf Huwaidi - PSM Makassar

22. Sulthan Zaky Pramana Putra Razaq - PSM Makassar

23. Hokky Caraka Bintang Brilliant - PSS Sleman

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement