Kamis 23 Feb 2023 06:01 WIB

Sundulan Gvardiol Buat Leipzig Tahan Imbang Man City di Liga Champions

RB Leipzig bermain imbang 1-1 di kandang sendiri melawan Manchester City.

Para pemain RB Leipzig merayakan gol Josko Gvardiol ke gawang Manchester City di Liga Champions.
Foto: EPA-EFE/Hannibal Hanschke
Para pemain RB Leipzig merayakan gol Josko Gvardiol ke gawang Manchester City di Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, LEIPZIG -- Bek RB Leipzig, Josko Gvardiol, mencetak gol sundulan pada menit ke-70 untuk membawa timnya meraih hasil imbang 1-1 atas tim tamu, Manchester City, pada pertandingan leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Kamis  (22/2/2023) dini hari WIB.

Pemain bertahan berusia 21 tahun ini mencetak gol penyeimbang yang layak setelah pemain City, Riyad Mahrez, mencetak gol setelah kesalahan pemain Leipzig di menit ke-27.

Baca Juga

Ada beberapa kontroversi di akhir pertandingan, dengan City menginginkan penalti pada tendangan terakhir pertandingan setelah bola terlihat memantul dari tangan Benjamin Henrichs di dalam kotak penalti.

City memiliki 74 persen penguasaan bola dan hampir dua kali lipat jumlah serangan lawan mereka, namun kini telah meraih hasil imbang dalam dua pertandingan terakhir mereka setelah ditahan 1-1 oleh Nottingham Forest di Liga Primer pada hari Sabtu.

Rekor empat kemenangan beruntun Leipzig di kompetisi ini telah berakhir. Leg kedua akan berlangsung di Manchester pada 14 Maret.

Tim tamu, yang bertujuan untuk mencapai perempat final Liga Champions untuk musim keenam secara beruntun, memegang kendali penuh di babak pertama.

City unggul lebih dulu ketika Jack Grealish dengan mudah memotong umpan lemah dari Xaver Schlager di depan kotak penalti dan mengirimkan bola ke tengah untuk diselesaikan oleh Mahrez.

Rodri seharusnya dapat menggandakan keunggulan mereka tiga menit kemudian, ketika ia tidak mendapat pengawalan ketat di tiang jauh, namun sundulannya masih melebar.

Tuan rumah, yang kalah di babak pertama dan hanya memiliki satu tembakan tepat sasaran di babak kedua, tampil lebih baik setelah jeda.

Mereka seharusnya dapat menyamakan kedudukan ketika Benjamin Henrichs tidak terkawal di dalam kotak penalti namun tendangan mendatarnya masih melebar.

Penjaga gawang City, Ederson, kemudian menepis tendangan Andre Silva dari jarak dekat sebelum ia juga menggagalkan tendangan Dominik Szoboszlai di menit ke-69 saat Leipzig terus menyerang.

Tim Jerman mendapatkan balasannya satu menit kemudian ketika Marcel Halstenberg melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti dan bek Gvardiol berhasil melewati adangan lawan untuk menyundul bola menjadi gol penyeimbang.

"Dua babak yang berbeda," ujar pelatih Leipzig, Marco Rose. "Kami terlalu pasif di babak pertama dan hanya mengejar mereka. Babak kedua berbeda, persis seperti yang kami bayangkan dan kami membuat mereka berada di bawah tekanan."

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement