Rabu 22 Feb 2023 07:04 WIB

Ridwan Kamil Pastikan Tol Gedebage-Tasikmalaya Terus Dibangun

Gubernur Jabar Ridwan Kamil memastikan pembangunan Tol Gedebage-Tasikmalaya berjalan.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Bilal Ramadhan
Gerbang Tol Gedebage, Bandung, Jawa Barat. Gubernur Jabar Ridwan Kamil memastikan pembangunan Tol Gedebage-Tasikmalaya berjalan.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Gerbang Tol Gedebage, Bandung, Jawa Barat. Gubernur Jabar Ridwan Kamil memastikan pembangunan Tol Gedebage-Tasikmalaya berjalan.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyatakan proyek pembangunan jalan tol Gedebage-Tasikmalaya masih terus berjalan. Namun, progres pembangunan jalan tol itu masih dalam tahap pembebasan lahan.

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengatakan saat ini proses pembebasan lahan baru dilakukan sampai ke Kabupaten Garut. Meski begitu, ia memastikan proyek itu akan terus berlanjut sampai Tasikmalaya. 

Baca Juga

"Pentahapan pembebasan sudah sampai Garut. Sabar aja, dalam hitungan satu dua tahun nanti tembus ke sini," kata Ridwan Kamil di Kota Tasikmalaya, Selasa (21/2/2023).

Ihwal proses lelang proyek pembangunan jalan tol Gedebage-Tasikmalaya yang diulang, Emil menilai itu merupakan hal yang wajar dalam dunia konstruksi. Menurut dia, apabila investor tidak meyakinkan, meski jumlahnya banyak, negara tidak boleh memaksakan pilihan yang nanti tidak pasti. 

"Daripada nanti mogok beneran, lebih baik lelang diulang," kata dia. 

Ia menambahkan, yang penting dalam proyek pembangunan jalan tol Gedebage-Tasikmalaya tetap ada kemauan politik. Apalagi, pembangunan saat ini masih terus jalan. 

"Saya laporkan pembebasan lahan berjalan sampai Garut," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement