Selasa 21 Feb 2023 13:52 WIB

Buat Konten Esemka Goib, Akun Instagram Revy Vamella Diserbu Warganet

Vamella dan Nuke membuat konten mobil Esemka goib, kadang muncul kadang hilang.

Rep: Erik PP/Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Viral Revy Vamella dan Nuke Ayu membuat konten tentang mobil Esemka gaib hingga membuat murka sebagian warganet.
Foto: Tangkapan layar
Viral Revy Vamella dan Nuke Ayu membuat konten tentang mobil Esemka gaib hingga membuat murka sebagian warganet.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Akun Instagram pecinta otomotif Revy Vamella digeruduk warganet. Hal itu karena ia membuat konten soal mobil Esemka Bima yang ikut perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat pada 16-26 Februari 2023.

Revy membuat konten bersama temannya yang menyebut Esemka sebagai mobil gaib yang suka menghilang. Konten yang viral di berbagai lini masa itulah yang memicu kemarahan sebagian warganet hingga membanjiri kolom komentar di akun Instagram @vamells.

Ditinjau Republika.co.id pada Selasa (21/2/2023) siang WIB, kolom komentar kini sudah dibatasi. Rata-rata warganet yang meninggalkan jejak komentar menyindir, bahkan sampai murka kepada Revy.

"Nitip sendal dulu sebelum dikunci," kata seorang warganet. Kemudian, ada warganet yang tersinggung jika Esemka dibilang mobil yang munculnya tidak jelas atau menjelang pemilu saja. "Oh ini yang menghina Esemka ghoib. Hadeh Mbak goib," ucap warganet lain.

Masalah itu bermula ketika Revy bersama konten kreator Tiktok bernama @nukeayuu membuat video di arena IIMS 2023. Keduanya saling lempar pertanyaan terkait apa perbedaan mobil Esemka dengan doi, yang dijawab sama-sama goib. "Esemka sama doi? Sama-sama goib, kadang ada, kadang gak ada," kata Revy sembari tertawa.

Selama ini, mobil Esemka identik dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal itu dimulai pada 2012, ketika Jokowi mempromosikan mobil Esemka yang mengantarkannya menjadi gubernur DKI periode 2012-2017. Tiba-tiba menghilang, mobil Esemka muncul lagi menjelang Pilpres 2014 dan 2019.

Sementara itu, PT Solo Manufaktur Kreasi selaku produsen mobil Esemka turut memamerkan mobil listrik di ajang IIMS 2023. Pertama kalinya tampil di IIMS, jenama mobil lokal ini memperkenalkan prototipe Esemka Bima EV yang terdiri dari varian van pengangkut barang (Cargo Van) dan van untuk penumpang (Passenger Van).

"Prototipe mobil listrik ESEMKA yang dipamerkan di IIMS merupakan hasil kolaborasi dengan pabrikan otomotif lain di luar negeri," Kata Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi, Eddy Wirajaya di JIExpo, Kemayoran, belum lama ini.

Kedua varian Esemka Bima EV memiliki dimensi Panjang 4.495 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.990 mm dengan jarak sumbu roda 2.925 mm. Bima EV Passenger Van mampu menampung 11 penumpang dan Bima EV Cargo Van memiliki dua kursi untuk pengemudi dan penumpang depan.

Kedua mobil tersebut dilengkapi motor listrik permanent magnet synchronous motor yang mampu menghasilkan daya hingga 75 kilowatt dan torsi maksimal 165 newton meter. Tenaga ini disalurkan melalui motor listrik dengan penggerak roda belakang melalui transmisi '1st reduce gear'.

Selain itu, Bima EV dilengkapi baterai listrik Terany Lithium berkapasitas 49,1 kWh dan 350,4 V yang didukung sistem pengisian cepat (quick charge/DC) selama satu jam dan slow charge (AC) hingga delapan jam. Baterai dapat digunakan untuk berkendara hingga 300 km dalam sekali pengisian daya penuh.

"Esemka percaya mobil listrik akan menjadi masa depan bagi industri otomotif di Indonesia salah satunya melalui target penurunan emisi," kata Eddy. Adapun pengenalan mobil listrik di IIMS diharapkan dapat berkontribusi mempercepat proses peralihan dari mobil bahan bakar bensin, menuju kendaraan berbasis listrik yang lebih ramah lingkungan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement