Ahad 19 Feb 2023 16:32 WIB

Rute Angkutan Umum Diatur Dukung Beroperasinya LRT Jabodebek

Angkutan Umum akan mendukung LRT Jabodebek dengan melalui stasiun LRT.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Bilal Ramadhan
Petugas melintasi gerbong kereta LRT di Stasiun Harjamukti. Angkutan Umum akan mendukung LRT Jabodebek dengan melalui stasiun LRT.
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Petugas melintasi gerbong kereta LRT di Stasiun Harjamukti. Angkutan Umum akan mendukung LRT Jabodebek dengan melalui stasiun LRT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- LRT Jabodebek rencananya akan soft launching dengan mengangkut penumpang secara umum pada 12 Juli 2023. Divisi LRT Jabodebek PT Kereta Api Indonesia (Persero) memastikan untuk mengoptimalkan operasional LRT Jabodebek akan dilakukan rerouting angkutan umum di sekitar stasiun.

"Kami sudah minta pemda dan dishub Bekasi, Depok, dan Jakarta untuk meramaikan stasiun ini akan ada rerouting angkutan," kata Kepala Divisi LRT Jabodebek KAI, Mochamad Purnomosidi saat ditemui di Kantor LRT Jabodebek usai Pengumuman Pemenang Penulisan Artikel Jurnalis LRT Jabodebek, akhir pekan ini.

Baca Juga

Dia mencontohkan, salah satunya yakni rerouting angkutan umum di sekitar Stasiun Harjamukti. Purnomosidi mengatakan angkot yang beroperasi akan melewati Stasiun Harjamukti.

"Jadi angkutan yang selama ini mampir-mampir di sebelahnya masih jauh dari Stasiun Harjamukti nanti akan dilewatkan ke stasiun," ucap Purnomosidi.

Purnomosidi memastikan saat ini sudah menerima rencana surat pemberlakuan rerouting angkutan umum di sekitar stasiun LRT Jabodebek. Dia menegaskan, sebelum LRT Jabodebek soft launching, rerouting angkutan umum di area Depok dan Bekasi sudah diberlakukan.

Dia menambahkan, pihaknya juga tengah melakukan pendekatan kepada pengembang dan mall untuk menyediakan shuttle. "Summarecon siapkan (shuttle) dari Summarecon ke Bekasi Barat. Jababeka ke Bekasi Timur. Nanti kami sediakan tempat drop off," tutur Purnomosidi.

Purnomosidi menuturkan, juga akan melakukan pendekatan dengan sejumlah perumahan di sekitar Cibubur yang berdekatan dengan Stasiun Harjamukti untuk menyediakan shuttle. Beberapa diantaranya seperti perumahan Raffles Hills, Citra Grand, dan lainnya sehingga warganya bisa menuju Stasiun Harjamukti menggunakan shuttle.

Sementara khusus di Jakarta, Purnomosidi menuturkan tidak akan banyak melakukan rerouting. Dia mengungkapkan, integrasi stasiun LRT Jabodebek dengan kereta rel listrik (KRL) dan Transjakarta akan dimaksimalkan.

"Di Jakarta hampir semua kita koneksi dengan Transjakarta. Kemudian di Cawang Cikoko hampir selesai jembatan penghubung LRT dan KRL," ucap Purnomosidi.

Lalu di Stasiun TMII, Purnomosidi mengatakan akan diterapkan konsep yang bisa membuat penumpang bisa melakukan aktivitas perbelanjaan hingga pertemuan. Sementara di Bekasi Barat, stasiun LRT akan terkoneksi dengan Revo Mall.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement