Kamis 09 Feb 2023 16:56 WIB

Giliran PSM Makassar Puncaki Klasemen Liga 1, Duduki Takhta Setelah Bungkam Barito Putera

PSM mengalahkan Barito Putera 4-1 dan menggusur Persib dari puncak klasemen Liga 1.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
BRI Liga 1, PSM mengalahkan Barito Putera 4-1.
Foto: Dok Liga Indonesia Baru
BRI Liga 1, PSM mengalahkan Barito Putera 4-1.

REPUBLIKA.CO.ID, PAREPARE --P SM Makassar naik ke puncak klasemen Liga 1 usai mengalahkan Barito Putera 4-1 pada pekan ke-23 di Stadion Gelora BJ Habibie, Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Kamis (9/2). Tim Juku Eja menggusur Persib Bandung dari posisi puncak.

PSM mengoleksi nilai 43 dari 23 laga, unggul dua poin dari Persib Bandung di posisi kedua yang baru menjalani 41 laga.

Baca Juga

PSM menguasai penguasaan bola sejak menit pertama. Sementara Barito mengambil inisiatif lebih berhati-hati dalam menyerang. Namun mereka juga beberapa kali mampu membuat pertahanan PSM terancam.

Barito pun unggul pada menit ke-18 melalui tembakan Bayu Pradana. Mantan gelandang timnas Indonesia itu memanfaatkan assist dari Rizky Pora. Tertinggal satu gol, PSM meningkat serangan.

Usaha yang dilakukan PSM akhirnya berhasil pada menit ke-28. Yance Sayuri menyamakan kedudukan 1-1 dengan tembakannya menyambut assist Kenzo Nambu.

PSM terus menguasai permainan. Pluim dan Sayuri merupakan dua pemain PSM yang cukup merepotkan pertahanan Barito. Pada menit ke-33, Sayuri memberikan umpan silang dari sisi kiri tetapi Pluim tak siap menyambutnya.

Satu menit berselang, Pluim kembali memiliki kesempatan mencetak gol ketika mendapatkan ruang tembak. Namun para pemain PSM dengan cepat menutupnya. Hingga babak pertama usai skor bertahan 1-1. 

PSM bermain lebih agresif pada babak kedua. Pluim dan Sayuri tetap menjadi momok menakutkan bagi pertahanan Barito. Namun dalam 25 menit waktu babak kedua berjalan PSM kesulitan mencetak gol.

Rentetan gol PSM akhirnya hadir dimulai pada menit ke-70. Gol Ramadhan Sananta membawa PSM unggul 2-1. Ramadhan kemudian ditarik keluar empat menit berselang dan digantikan oleh Everton lalu Kenzo Nambu digantikan Mufli Hidayat.

Pergantian tersebut mampu memberikan dampak positif. Mufli Hidayat langsung memberikan assist kepada Pluim pada menit ke-75 untuk membawa PSM unggul 3-1. Tembakan Pluim mengarah ke tengah gawang.

Dua menit berselang, Pluim kembali mencetak gol dan PSM unggul 4-1. Gol tersebut sekaligus menjadi gol penutup di laga tersebut sekaligus membawa PSM naik ke puncak klasemen dengan keunggulan dua poin atas tim peringkat kedua Persib. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement