Kamis 09 Feb 2023 11:14 WIB

Peneliti Temukan Pasar Kuno Souq Habasha yang Sudah Ada Sejak Zaman Nabi Muhammad

Pasar Souq Habasha sudah ada sejak era Nabi Muhammad.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Pasar Souq Habasha. Peneliti Temukan Pasar Kuno Souq Habasha yang Sudah Ada Sejak Zaman Nabi Muhammad
Foto: Arab News
Pasar Souq Habasha. Peneliti Temukan Pasar Kuno Souq Habasha yang Sudah Ada Sejak Zaman Nabi Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID,JEDDAH — Sebuah tim ilmiah Saudi telah menemukan situs souq (pasar) kuno di wilayah Makkah yang berfungsi sebagai salah satu pasar Arab terpenting selama era Islam pra-Islam dan awal. Dijuluki Souq Habasha, situs ini ditemukan bekerja sama antara Yayasan Raja Abdulaziz untuk Penelitian dan Arsip, Kementerian Kebudayaan dan Komisi Warisannya.

Souq Habasha adalah pasar Arab musiman kuno dan salah satu yang terbesar di wilayah Tihamah di sebelah barat Semenanjung Arab. Souq diadakan setiap tahun selama delapan hari, dimulai pada hari pertama Rajab dalam kalender Islam, dan diadakan setiap tahun hingga tahun Islam 197 (813 M).

Baca Juga

Sekretaris jenderal yayasan dan kepala komite ilmiah Souq Habasha, Fahd Al-Samari, menyampaikan pernyataan dalam sebuah video yang diterbitkan di akun resmi Twitter.

“Mendokumentasikan informasi sejarah harus dalam metodologi tertentu. Oleh karena itu, departemen telah memasuki sejumlah pengalaman dalam dokumentasi, seperti mendokumentasikan pasar Ukaz, dan beberapa situs dari biografi Nabi Muhammad di Kerajaan (Arab Saudi). Pasar Habasha akan menjadi aset sejarah dan budaya kuno bagi Kerajaan,” kata Samari dilansir dari Arab News, Kamis (9/2/2023).

Anggota komite ilmiah Souq Habasha, Abdullah Al-Zahrani, mengatakan proyek kolaborasi ini dibuat untuk menemukan souq dan ini adalah contoh yang baik dari kerja sama bersama antara banyak pihak serta peneliti, sejarawan, ahli geografi, dan ahli biografi Nabi yang akan menambahkan banyak hal untuk memverifikasi situs ini.

Studi dan proyek penelitian telah berusaha melacak lokasi pasar selama lebih dari 40 tahun, dengan lokasi lapangan yang diusulkan oleh komite akhirnya diperiksa tahun lalu.

Anggota lain dari komite ilmiah Souq Habasha, Abdullah Al-Welaie, mengatakan, ia telah bekerja untuk menggambar rute karavan lengkap, termasuk jalan pantai, jalan Tihama, puncak Pegunungan Sarawat, serta jalan Gajah. “Empat trek digambar pada peta akurat yang benar-benar membantu menentukan lokasi pasar dan kemudian diserahkan kepada sejarawan,” kata Al-Welaie.

Sejarawan mengatakan bahwa pasar disebutkan dalam biografi Nabi Muhammad, yang telah mengambil bagian dalam souq untuk berdagang sebelum misinya. Tim melakukan studi, memverifikasi sumber dan melakukan survei arkeologi, menindaklanjuti diskusi dengan sumber yang memenuhi syarat untuk menentukan lokasi Souq Habasha.

Pasar bersejarah di wilayah ini biasanya terletak di daerah dengan banyak air, curah hujan, dan lahan penggembalaan. Dengan demikian, Souq Habasha terletak di tepi selatan Wadi Qanuna di Ardiyat, sebuah kota pesisir di wilayah Makkah.

Diposisikan di tengah dataran banjir yang luas, terikat oleh pegunungan Al-Durbat di timur, pegunungan Al-'Irm di barat yang membentang sejauh lima km, dan pegunungan Umm Al-Rimth di selatan, di daerah yang luas di mana terdapat sumber air dan banyak tanaman.

Pasar juga melewati jalan Al-Janad, yang berfungsi sebagai salah satu landmark terpenting dalam menentukan lokasi souq.

Souq Habasha menawarkan para ahli untuk memeriksa kegiatan ekonomi, sastra, dan budaya kuno, dengan integrasinya ke pasar Okaz yang telah dihidupkan kembali, menjadi acara budaya terkemuka di Kerajaan dan memberikan manfaat di bidang ilmiah, budaya, dan pariwisata.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement