Kamis 09 Feb 2023 05:57 WIB

Doa Masuk Pasar

Dianjurkan membaca doa sebelum masuk pasar agar mendapat keselamatan.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Doa Masuk Pasar. Foto: Pedagang menunggu pembeli di Pasar Induk, Indramayu, Jawa Barat, Jumat (2/10/2020).
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Doa Masuk Pasar. Foto: Pedagang menunggu pembeli di Pasar Induk, Indramayu, Jawa Barat, Jumat (2/10/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Umat Islam akan masuk ke pasar dianjurkan untuk membaca doa. Dengan membaca doa, kita berharap Allah memberikan petunjuk dan senantiasa menjaga kita dari segala macam  penyakit yang dimungkinkan bersumber dari pasar. Baik itu penyakit hati, batin, atau pun fisik.

Dalam buku Kumpulan Doa Berdasarkan Alquran dan Sunah karya Sa'id Ali bin Wahf al-Qahthoni disebutkan, terdapat suatu doa sebelum masuk pasar yang bersumber dari hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Imam Al-Hakim.

Baca Juga

Hadist tersebut berbunyi:

لا إِلَه إِلَّا اللَّه وَحْده لا شَرِيك لَهُ، لَهُ الْمُلْك وَلَهُ الْحَمْد، يُحْيِي وَيُمِيتُ، وَهُوَ حَيّ لا يَمُوت، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلّ شَيْء قَدِير

 

"La ilaha illallahu wahdahu la syarikalahu, lahul-mulku wa lahul-hamdu yuhyi wa yumitu wa huwa hayyun laa yamutu biyadihil-khairu wa huwa ala kulli syai-in qadiir,".

Yang artinya: "Tiada Tuhan selain Allah, Yang Mahaesa, tiada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan, bagiNya pujian. Dialah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tanganNya kebaikan, Dialah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu."

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement