Rabu 08 Feb 2023 19:27 WIB

Mayora Group Resmikan Pabrik Daur Ulang Plastik Dukung Ekonomi Sirkular

Pemerintah mendukung manufatur melakukan transformasi ke pembangunan berkelanjutan.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Friska Yolandha
Peralatan di pabrik daur ulang botol plastik Polyethylene Terephthalate (PET), Amandina Bumi Nusantara dan Yayasan Mahija Parahita Nusantara di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (8/2/2023).
Foto: Republika/ Umi Nur Fadhilah
Peralatan di pabrik daur ulang botol plastik Polyethylene Terephthalate (PET), Amandina Bumi Nusantara dan Yayasan Mahija Parahita Nusantara di Bekasi, Jawa Barat, Rabu (8/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perindustrian terus mendukung sektor industri manufaktur melakukan transformasi ke arah pembangunan yang berkelanjutan. Oleh karena itu, Kemenperin berkomitmen untuk memacu pembangunan industri melalui konsep industri hijau dengan prinsip menggunakan sumber daya alam yang efisien, dapat diguna ulang, ramah lingkungan, berkelanjutan, serta memanfaatkan sampah sebagai energi alternatif.

“Saat ini, isu terkait ESG (environmental, social, and governance) dan industri hijau sudah menjadi perhatian yang penting. Bahkan bila mencermati Leaders Declaration KTT G20 yang lalu, ada penekanan memperkuat implementasi ESG dan industri hijau,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan resminya, Rabu (8/2/2023).

Baca Juga

Daur ulang plastik itu salah satunya didukung oleh Mayora Group melalui perusahaan joint ventur, PT BIPJ. Agus pun mengapresiasi kepada Mayora Group atas keberhasilan pembangunan pabrik daur ulang PET dengan kualitas yang memenuhi standar keamanan pangan. Total investasinya mencapai Rp 183 miliar.

“Pabrik ini wujud nyata sebagai milestone yang akan membantu kita semua untuk mengurangi sampah yang ada di masyarakat, khususnya sampah plastik," ujarnya.

Selain itu, pabrik tersebut juga membuktikan bahwa PET yang selama ini distigmakan menjadi ‘monster’ atau barang yang berbahaya justru menjadi sesuatu yang mempunyai nilai tambah. Sebab, PET menjadi bahan baku dari bagian ekosistem ekonomi sirkular yang sedang dikembangkan.

Ia menambahkan, upaya tersebut diyakini dapat mewujudkan visi Indonesia menjadi negara industri tangguh yang bercirikan strukur industri nasional yang kuat, sehat dan berkeadilan, industri yang berdaya saing tinggi di tingkat global, serta industri yang berbasis inovasi dan teknologi.

“Apalagi, saya mendapatkan komitmen dari perusahaan akan melakukan ekspansi ke depannya,” ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement