Rabu 08 Feb 2023 18:54 WIB

Bursa Istanbul Tangguhkan Perdagangan Setelah Indeks Utama Anjlok

Perdagangan saham turun 7 persen dalam satu jam pertama perdagangan.

Seorang pedagang Turki melintas pada sesi pagi di Bursa Efek
Foto: EPA-EFE/SEDAT SUNA
Seorang pedagang Turki melintas pada sesi pagi di Bursa Efek

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Borsa Istanbul Turki menangguhkan perdagangan di pasar ekuitas dan derivatifnya setelah dua pemutus sirkuit di seluruh pasar gagal menghentikan penurunan indeks utama. Perdagangan saham turun 7 persen dalam satu jam pertama perdagangan.

"Perdagangan di Pasar Ekuitas dan Kontrak Berjangka Saham dan Indeks Tunggal dan Opsi di Pasar Derivatif telah ditangguhkan," katanya dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga

Operator pasar saham tidak mengatakan kapan perdagangan akan dilanjutkan. Pemutus sirkuit seluruh pasar pertama dikeluarkan dalam beberapa menit setelah pembukaan pada hari Rabu setelah indeks benchmark turun 5 persen. Ini melanjutkan kerugian setelah gempa dahsyat di selatan negara itu pada hari Senin (6/2/2023).

Indeks acuan BIST-100 dibuka turun 0,52 persen dan ditangguhkan pada penurunan 7,09 persen. Sedangkan sub-indeks perbankan turun 6,03 persen karena perdagangan ditangguhkan.

Tim penyelamat terus bekerja seiring terus bertambahnya korban gempa bumi Turki-Suriah yang menyentuh 9.000 orang lebih, Rabu (8/2/2023). Merujuk keterangan para pejabat dan medis, korban meninggal di Turki sudah 7.108 orang sedangkan di Suriah 2.530 orang.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement