Selasa 07 Feb 2023 21:03 WIB

5 Tips Aman Kendarai Motor Saat Hujan dan Gelap

Ada beragam potensi bahaya ketika mengendarai motor di saat hujan dan gelap.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Pengendara motor mengenakan jas hujan saat berkendaraan melintasi guyuran hujan di Jakarta, Selasa (4/10/2022). Perlu persiapan dan kehati-hatian ekstra saat berkendara saat gelap dan jalanan basah saat hujan.
Foto:

Tingkatkan Fokus dan Kewaspadaan

Dalam kondisi hujan dan gelap, jarak pandang pengendara motor akan terbatas. Oleh karena itu, selain mengurangi kecepatan, pengendara motor juga perlu meningkatkan fokus dan kewaspadaan.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara selalu memantau kondisi di sekitar kendaraan saat melaju. Upaya ini diperlukan karena potensi bahaya bisa berubah-ubah.

"Di kondisi malam, potensi (pengendara motor) melihat ke depan itu harus lebih besar," ujar Sony.

Hentikan dengan Aman

Setiap pengendara motor perlu mengasah kemampuan untuk menghentikan kendaraan dengan aman. Hal ini bisa sangat bermanfaat, terutama dalam kondisi pengendara harus berhenti dengan cepat.

Bila pengendara motor mengerem ban depan terlebih dahulu, akan ada potensi terjadinya selip yang dapat membahayakan. Selain itu, proses memberhentikan kendaraan perlu dilakukan secara bertahap atau gradual.

Proses memberhentikan motor cenderung lebih sederhana bila kendaraan dilengkapi dengan rem motor sistem ABS. Pada kendaraan seperti ini, pengendara cukup menarik pedal rem sekali saja.

Hindari Penggunaan Earphone

Sebagian pengendara motor memiliki kebiasaan menggunakan earphone pada satu sisi telinga untuk mendengarkan sesuatu. Kebiasaan seperti ini perlu dihindari karena bisa mengganggu fokus selama berkendara.

Sony mengatakan dalam kondisi earphone terpasang di satu telinga, pengendara biasanya akan lebih fokus kepada suara yang dikeluarkan oleh earphone. Mereka bisa menjadi kurang awas terhadap situasi dan suara-suara yang ada di sekitarnya, sehingga sulit melakukan antisipasi bila dihadapkan pada suatu kondisi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement