Rabu 08 Feb 2023 05:55 WIB

Peneliti Belanda Prediksi Terjadinya Gempa Turki dan Suriah

Frank Hoogerbeets, memprediksi dengan cukup akurat tentang gempa Turki dan Suriah

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Seorang pakar memprediksi gempa Turki pada 3 Februari 2022 lalu.
Foto: Twitter
Seorang pakar memprediksi gempa Turki pada 3 Februari 2022 lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM – Seorang peneliti di Solar System Geometry Survey (SSGEOS) yang berbasis di Belanda, Frank Hoogerbeets, memprediksi dengan cukup akurat tentang gempa yang bakal melanda Turki dan Suriah. Prediksi itu disampaikan tiga hari sebelum gempa terjadi.

“Cepat atau lambat akan ada gempa magnitudo 7,5 di wilayah ini (Turki Selatan-Tengah, Yordania, Suriah, dan Lebanon),” tulis Hoogerbeets lewat akun Twitter pribadinya pada Jumat (3/2/2023) pekan lalu.

Dalam cicitannya, Hoogerbeets turut mengunggah gambar peta yang menunjukkan titik pusat gempa dan daerah-daerah terdampak. Berselang tiga hari setelah cicitan Hoogerbeets, yakni pada Senin (6/2/2023) sekitar pukul 04:17, gempa bermagnitudo 7,8, hanya selisih 0,3 poin dari prediksi Hoogerbeets, mengguncang Turki.

Baca juga : Teriakan Putus Asa Korban Gempa Turki

Menurut otoritas penanggulangan bencana Turki, AFAD, pusat gempa berada di Distrik Pazarcik di Provinsi Kahramanmaras. Gempa terjadi pada kedalaman tujuh kilometer. Beberapa menit kemudian terjadi gempa susulan bermagnitudo 6,4 dan 6,5 yang berpusat di Nurdagi, Provinsi Gaziantep. Selain di Gaziantep, gempa susulan turut terasa di beberapa wilayah lainnya di Turki, antara lain Sanliurfa, Diyarbakir, Adana, Adiyama, Malatya, Osmaniye, Hatay, dan Kilis. Turki mencatatkan lebih dari 70 gempa susulan.

Suriah juga turut diguncang dan terdampak oleh gempa yang berpusat di Turki. Terdapat lima wilayah di Suriah yang terdampak masif oleh gempa Turki, yakni Aleppo, Latakia, Hama, Homs, dan Tartus.

Menurut laporan kantor berita Turki, Anadolu Agency, sejauh ini sedikitnya 3.432 warga di negara tersebut tewas akibat gempa. Sementara korban luka melampaui 21 ribu orang. Di Suriah, korban tewas dilaporkan telah menyentuh 1.600 jiwa dan korban luka lebih dari 3.600 orang.

Baca juga : Korban Jiwa Gempa Turki dan Suriah di Atas 7.800 Orang

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement