Selasa 07 Feb 2023 18:58 WIB

Asbabun Nuzul Surat Al Baqarah Ayat 102

Kisah inilah yang menyebabkan Allah SWT menurunkan Surah Al-Baqarah ayat 102.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Asbabun Nuzul Surat Al Baqarah Ayat 102. Foto:   Ilustrasi Alquran
Foto: pxhere
Asbabun Nuzul Surat Al Baqarah Ayat 102. Foto: Ilustrasi Alquran

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Dalam agama samawi, terutama Islam, Nabi Sulaiman dikenal sebagai nabi yang shaleh yang diberikan sejumlah karunia serta mukjizat oleh Allah. Salah satunya adalah dapat berbicara dengan hewan maupun makhluk-makhluk astral.

Namun demikian, pandangan berbeda justru diungkapkan segelintir umat Yahudi. Bahkan mereka berani menuding Nabi Muhammad SAW telah mencampuradukkan kebenaran dengan yang salah akibat menyebut bahwa Sulaiman AS adalah seorang Nabi.

Baca Juga

Imam As-Suyuthi dalam kitab Asbabun Nuzul menjabarkan sebuah hadis mengenai kisah ini. Bahwa diriwayatkan oleh Ibnu Jarir dari Syahr bin Hausyab berkata, “Orang-orang Yahudi berkata, ‘Lihatlah kepada Muhammad yang mencampuradukkan antara yang benar dengan yang salah. (Yakni dengan) menyebutkan Sulaiman dari para Nabi, padahal Sulaiman adalah seorang penyihir yang dapat mengendarai angin,’. Dan Allah menurunkan ayat, “Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh setan-setan,”.

Kisah inilah yang menyebabkan Allah SWT menurunkan Surah Al-Baqarah ayat 102. Allah berfirman, “Wattaba’uu maa tatluu as-syayathinu ala mulku sulaimana, wa maa kafara sulaimanu walakinna as-syayathina kafura yuallimuna an-naasa as-sihra wa maa unzila alal-malakaini bibaabila Haruta wa Maruta wa maa yu’allimani min ahadin hatta yaqulaa innama nahnu fitnatun falaa takfur. Fayata’allamuna minhuma maa yufarriqunabihi bainal-mar-I wa zaujihi wa maa hum bidharrina bihi min ahadin illa bi-idznillahi wa yata’allamuna maa yadhurruhum wa laa yanfa’uhum walaqad alimuu lamanisytaraahu maa lahu fil-akhirati min khalaqin wa labi’sa maa syaraubihi anfusahum law kaanu ya’lamun,”.

Yang artinya, “Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh setan-setan pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir), padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir), hanya setan-setan lah yang kafir (yang mengerjakan sihir). Mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di negeri Babil, yaitu Harut dan Marut sedang keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorang pun sebelum mengatakan, ‘Sesungguhnya kami hanya cobaan (bagimu), sebab itu janganlah kamu kafir,’.

Maka mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang dengan sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan istrinya. Dan mereka itu (ahli sihir) tidak memberi mudharat dengan sihirnya kepada seorang pun, kecuali dengan izin Allah. Dan mereka mempelajari sesuatu yang tidak memberi mudharat kepadanya dan tidak memberi manfaat.

Demi, sesungguhnya mereka telah meyakini bahwa barang siapa yang menukarnya (Kitab Allah) dengan sihir itu, tiadalah baginya keuntungan di akhirat, dan amat jahatlah perbuatan mereka menjual dirinya dengan sihir, kalau mereka mengetahui,”.

Dalam riwayat lain, sebab diturunkannya ayat tersebut juga datang dari riwayat Ibnu Abi Hatim dari Abul Aliyah, “Bahwasannya orang-orang Yahudi bertanya kepada Nabi Muhammad SAW tentang perkara yang ada di dalam Taurat.

Mereka tidak mengajukan pertanyaan kepada Nabi kecuali Allah menurunkan kepada Nabi jawaban dari apa yang mereka tanyakan. Maka Nabi selalu menjawabnya, dan ketika mereka melihat hal tersebut maka mereka berkata, “Orang ini lebih mengetahui dari pada kita tentang apa yang diturunkan kepada kita,”. Dan sesungguhnya mereka bertanya kepada Nabi Muhammad SAW mengenai sihir dan mereka berselisih dengan Nabi.

Maka Allah menurunkan ayat tersebut dalam firman-Nya, “Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh setan-setan,”.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement