Senin 06 Feb 2023 22:25 WIB

Dishub Kabupaten Tangerang Uji Coba Alat ATCS di Pasar Kemis

Dishub Kabupaten Tangerang melakukan uji coba menggunakan alat ATCS di Pasar Kemis.

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Bilal Ramadhan
Lalu lintas di sekitar area kuliner Pasar Kemis. Dishub Kabupaten Tangerang melakukan uji coba menggunakan alat ATCS di Pasar Kemis.
Foto: Mg136/Republika
Lalu lintas di sekitar area kuliner Pasar Kemis. Dishub Kabupaten Tangerang melakukan uji coba menggunakan alat ATCS di Pasar Kemis.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tangerang, Banten, akan melakukan uji coba pemantauan lalulintas menggunakan Area Traffic Control System (ATCS) di simpang empat Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tangerang Agus Suryana mengatakan, pengoperasian ATCS ini dilakukan untuk meminimalisir kemacetan arus lalu lintas di area tersebut.

Baca Juga

"Kami akan melakukan uji coba pengoperasian alat pengendali isyarat lalu lintas (apill) berbasis ATCS di simpang 4 Pasar Kemis pada 13-20 Februari 2023 mendatang,” kata Agus, Senin (6/2/2023).

Dia mengatakan, pemilihan lokasi simpang empat Pasar Kemis bukan tanpa alasan. Wilayah Kecamatan Pasar Kemis merupakan wilayah yang luas dengan jumlah penduduk tinggi. Persoalan semakin ditambah dengan volume kendaraan yang ada di lokasi tersebut tidak seimbang dengan kondisi eksisting jalan.

Sebagaimana diketahui, kemacetan di lokasi tersebut tidak hanya terjadi pada jam kerja, tapi terjadi juga di akhir pekan. Karena itu, titik simpang 4 Pasar Kemis menjadi perhatian Dishub Kabupaten Tangerang.

Selain itu, Agus menyebutkan, pemasangan apill berbasis ATCS dilakukan guna mewujudkan program unggulan yang dicanangkan oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar yakni Pengendalian Kemacetan Lalu Lintas (Pekat Lantas). Dalam pengoperasian ATCS ini menggunakan beberapa kamera pengawas (CCTV).

"Kamera ini nantinya akan terkoneksi langsung dengan control room yang ada di kantor Dishub. Semoga dengan adanya hal tersebut dapat meminimalisir kemacetan yang terjadi khususnya diwilayah simpang 4 Pasar Kemis,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement