Senin 06 Feb 2023 12:49 WIB

Ingat Nankatsu-nya Kapten Tsubasa? Kini Siap Bersaing Serius di Liga Nyata

Kreator Kapten Tsubasa siap gelorakan 'Ayo, Ayo Nankatsu'.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Manga Kapten Tsubasa.
Foto: captaintsubasa.wikia.com
Manga Kapten Tsubasa.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Pahlawan kartun Jepang Kapten Tsubasa telah menginspirasi Lionel Messi dan banyak bintang sepak bola lainnya di seluruh dunia. Sekarang penciptanya sedang meletakkan penanya dan membidik puncak dengan timnya di kehidupan nyata.

Yoichi Takahashi mulai menulis komik strip tentang keajaiban sepak bola berusia 11 tahun Tsubasa Ozora pada tahun 1981 dan melihatnya berkembang menjadi film animasi, video game, dan bahkan patung yang sukses besar di kota kelahirannya di timur Tokyo.

Baca Juga

Dikenal sebagai "Holly e Benji" di Italia dan "Super Campeones" di Amerika Latin yang berbahasa Spanyol, franchise tersebut dengan rajin dibaca dan ditonton oleh pemain seperti Messi dan Andres Iniesta dalam perjalanan mereka menuju status superstar.

Sekarang Takahashi sedang bersiap untuk menyelesaikan serial komik dan fokus pada hasrat yang berbeda, mencoba memimpin tim non-liga lokalnya ke J-League profesional Jepang dalam perannya sebagai pemilik. Klub tersebut berganti nama menjadi Nankatsu SC -- seperti tim sekolah fiksi Kapten Tsubasa -- saat Takahashi bergabung.

"Saya bisa melakukan sesuatu yang baru dari sini," kata pria berusia 62 tahun itu kepada AFP di studionya di Tokyo dikutip dari RFI, Senin (6/2/2023). "Itu tidak berarti bahwa saya benar-benar menghentikan semua pekerjaan kreatif. Saya ingin memulai sesuatu yang baru dengan cara saya sendiri selagi saya masih memiliki energi," ujarnya.

Takahashi menjadi kecanduan sepak bola setelah menonton Piala Dunia 1978 di TV. Dia menciptakan Kapten Tsubasa dengan tujuan membantu mempopulerkan olahraga tersebut di Jepang, yang saat itu tidak memiliki liga profesional.

Sekarang, lebih dari 100 negara diyakini telah mengikuti serial ini dan ceritanya telah terjual lebih dari 70 juta eksemplar dalam bentuk buku di Jepang dan lebih dari 10 juta di luar negeri. "Saya tidak tahu bahwa orang di seluruh dunia akan melihatnya," katanya.

 

Takahashi mengatakan seri komik yang akan datang kemungkinan besar akan menjadi yang terakhir dia gambar, meskipun karakter yang dicintai akan hidup dalam format lain. Dia mengatakan dia berharap untuk bebas dari tenggat waktu mingguan dan tidak memiliki perasaan buruk untuk berhenti.

Takahashi terlibat dengan klub lokalnya 10 tahun lalu dan mengambil alih sebagai pemilik pada 2019, membantu mereka naik ke tingkat kelima piramida sepak bola Jepang. Nankatsu sekarang tinggal dua promosi lagi untuk mencapai J3, peringkat ketiga J-League.

Takahashi yakin mereka bisa melaju jauh ke papan atas tetapi dia mengatakan esensi klub lebih penting daripada posisi liga. "Di Eropa wajar jika Anda mendukung klub lokal Anda, tetapi kami tidak memiliki budaya itu di Jepang. Saya tidak memiliki klub lokal jadi saya ingin membuatnya sendiri," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement