Senin 06 Feb 2023 10:05 WIB

Jumlah Kasus Diabetes di Balikpapan Meningkat

Banyaknya kasus diabetes di kalangan usia produktif menurunkan kualitas hidup.

Sensasi terbakar di jari bisa menjadi salah satu tanda saraf rusak akibat diabetes. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Sensasi terbakar di jari bisa menjadi salah satu tanda saraf rusak akibat diabetes. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Balikpapan dr Andi Sri Juliarty mengungkapkan, laporan jumlah kasus diabetes mellitus atau penyakit kencing manis yang meningkat di Kota Minyak itu.

"Berdasarkan data dari Puskesmas, rumah sakit, hingga BPJS Kesehatan," kata kepala Dinas Kesehatan Juliartydi Balikpapan, Kaltim, Ahad kemarin.

Baca Juga

Penyakit karena ketidakmampuan kelenjar pankreas memproduksi hormon insulin dalam jumlah cukup itu,bahkan kini juga ditemui di kelompok usia 1-19 tahun, kelompok usia anak-anak dan remaja yang umumnya perlu banyak energi untuk bergerak, bermain, dan beraktivitas. Di kelompok usia ini umumnya tidak perlu dikhawatirkan jumlah konsumsi gulanya, yang adalah sumber energi.

Pada kelompok usia produktif 20-54 tahun, kasus terbanyak ada di Kelurahan Klandasan dengan 1.036 kasus dan di Sepinggan 749 kasus. Belum lagi jumlah kasus di kelurahan-kelurahan lain.

 

Di kelompok usia 55-69 tahun, di Klandasan ada 970 kasus yang adalah jumlah tertinggi di kelompok usia tersebut. Sepinggan menjadi penyumbang kasus yang siginifikan dengan 912 kasus. Jumlah kasus di kelurahan-kelurahan lain berkisar antara 450-600 kasus.

Banyaknya kasus diabetes di kalangan usia produktif menurunkan kualitas hidup masyarakat. Juga membuat si sakit kehilangan produktivitasnya. "Diabetes bisa memicu serangan jantung, penyebab stroke, merusak ginjal, dan jadi satu penyebab impotensi bagi pria," kata Ketua Tim Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Laksono

PKMK UGM menjadi konsultan bagi Pemkot Balikpapan dalam mengatasi lonjakan kasus diabetes ini.

Mengurangi konsumsi gula dan rajin berolahraga menjadi solusi cepat melawan diabetes. "Jadi jangan malas bergerak," kata Prof Laksono.Mengurangi asupan gula ke dalam tubuh berarti meringankan kerja pankreas yang memproduksi hormon insulin, dan mengurangi lemak yang bisa membuat kelebihan berat badan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement