Sabtu 04 Feb 2023 15:11 WIB

Pembangunan Jembatan Jatijajar Rampung 14 Februari 2023, Kecuali Ornamen

Target Desember 2020, Jembatan Jatijajar di Kota Depok hingga kini belum selesai.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Erik Purnama Putra
Pekerja sedang melakukan pembangunan Jembatan Jatijajar di Tapos, Kota Depok.
Foto: Dok Pemkot Depok
Pekerja sedang melakukan pembangunan Jembatan Jatijajar di Tapos, Kota Depok.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, Citra Indah Yulianty mengeklaim, pengerjaan Jembatan Jatijajar bisa rampung pada 14 Februari 2023. Saat ini, pekerja sedang menyelesaikan ornamen pendukung jembatan yang masih butuh waktu pengerjaan sekitar satu bulan.

"Memang kita sesuai target 14 Februari, kemungkinan ornamen aja tidak selesai," ujarnya kepada Republika.co.id di Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (4/2/2023). "Kemungkinan ornamen selesai karena butuh waktu satu bulan,"tuturnya.

Citra menjelaskan, Jembatan Jatijajar molor pengerjaaannya dari target karena terkendala berbagai alasan. Terutama, soal kabel berkapasitas besar yang membentang di jembatan.

"Itu kabel-kabel kapasitas besar yang harus hati-hati. Juga awalnya ada tergantung begitu saja di jembatan lama karena kabelnya menuju sutet dan melayani ribuan pelanggan satu kabel saja sudah 20 ribu kilovolt (KV)," ujarnya.

Menurut Citra, kabel-kabel itu harus dirapikan dahulu, yang membuat pengerjaan proyek menjadi terhambat. "Sebetulnya di awal sudah dihitung oleh kami. Tapi ternyata pas dibongkar malah banyak banget," katanya.

Pengerjaan Jembatan Jatijajar Depok memasuki batas akhir penyelesaian pada Selasa (31/1/2023). Proyek tersebut seharusnya ditargetkan selesai pada Desember 2020, namun karena pandemi Covid-19, kemudian dilakukan perpanjangan hingga 31 Januari 2023. Tapi perpanjangan waktu tersebut nyatanya belum juga cukup.

Molornya pembangunan jembatan di Kecamatan Tapos itu pun disorot oleh Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya yang mengingatkan agar Pemkot Depok segera menyelesaikan pengerjaan jembatan. Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya, Dedy Irsan mengingatkan pemkot untuk memenuhi komitmen pengerjaan Jembatan Jatijajar.

"Mengingatkan Pemerintah Kota Depok khususnya Dinas PUPR Kota Depok terkait molornya waktu penyelesaian Jembatan Jatijajar yang seharusnya sudah diselesaikan pada tahun 2020 lalu. Pada waktu yang ditentukan Jembatan Jatijajar belum rampung juga," katanya, Sabtu (4/2/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement