Sabtu 04 Feb 2023 10:45 WIB

Muslim Leeds Butuh Lebih Banyak Ruang Pemakaman Khusus

Dari 24 pemakaman umum multi-agama, hanya satu pemakaman miliki plot khusus Muslim.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi sukarelawan di pemakaman muslim di Inggris. Muslim Leeds Butuh Lebih Banyak Ruang Pemakaman Khusus
Foto: About Islam
Ilustrasi sukarelawan di pemakaman muslim di Inggris. Muslim Leeds Butuh Lebih Banyak Ruang Pemakaman Khusus

REPUBLIKA.CO.ID, LEEDS -- Dewan Kota Leeds di Inggris menyebut komunitas Muslim sekitar memerlukan area yang lebih khusus untuk pemakaman.

Dari 24 pemakaman umum multi-agama di Leeds, hanya Whinmoor yang memiliki plot khusus yang dialokasikan untuk pemakaman Muslim. Hal itu mengikuti permintaan dari Asosiasi Masjid Leeds.

Baca Juga

Anggota dewan Javaid Akhtar mengatakan masalah ini menjadi keprihatinan besar bagi umat Islam. Dewan bersikeras ada persediaan yang memadai untuk penguburan, tetapi menambahkan hal itu akan memerlukan perhatian banyak pihak.

Menurut Layanan Pelaporan Demokrasi Lokal, Akhtar, yang mewakili wilayah Little London dan Woodhouse di barat kota, masalah tersebut pertama kali diangkat lebih dari 15 tahun yang lalu. "Ada banyak orang yang keyakinannya sama dengan saya, komunitas Muslim yang tinggal di barat dan barat laut bukan hanya orang Pakistan dan Kashmir, tetapi kami memiliki populasi Arab yang sangat besar di barat kota. Kita perlu mengatasi masalah ini," kata dia dikutip di BBC, Sabtu (4/2/2023).

Pemakaman Whinmoor yang berada di luar Thorner Lane, baru dibuat pada 2013. Hal ini menjadikannya sebagai ruang pemakaman baru pertama di Leeds, selama lebih dari 75 tahun.

Akhtar mengatakan dia menyambut dan menghormati pemakaman multi-agama. Namun, ia menegaskan umat Islam akan merasa lebih nyaman jika bagian dari pemakaman lain dialokasikan untuk komunitas tersebut, seperti di Whinmoor.

"Ini adalah sesuatu yang saya pikir perlu kita perhatikan, terutama untuk bagian barat dan barat laut kota. Bepergian ke Whinmoor, perlu dua atau tiga bus," lanjut Akhtar.

Menanggapi hal ini, Sean Flesher dari Departemen Taman dan Pedesaan Dewan, mengatakan dia menerima komentar tersebut. Ia menyebut setiap pemakaman terbuka bagi semua orang yang beragama atau tidak beriman.

"Ada perbekalan yang memadai, tetapi sangat bergantung pada individu di mana mereka memilih untuk dimakamkan. Di mana pun Anda tinggal di Leeds, pemakaman mana pun dapat Anda pilih," ujarnya.

Berdasarkan pertemuan yang ada, disampaikan saat ini Leeds memiliki ruang pemakaman yang cukup, untuk semua komunitas, hingga akhir 2030-an. Namun, dewan berencana memperluas pemakaman Whinmoor dan Cottingley di masa depan, untuk memastikan ada cukup plot untuk 50 tahun ke depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement