Jumat 03 Feb 2023 13:35 WIB

Bus Listrik Pertama Arab Saudi mulai Beroperasi di Jeddah

Bus listrik akan dioperasikan oleh SAPTCO.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Bus Listrik Pertama Arab Saudi mulai Beroperasi di Jeddah. Foto: Kemacetan lalu lintas di Jeddah, Arab Saudi.
Foto: Saudi Gazette
Bus Listrik Pertama Arab Saudi mulai Beroperasi di Jeddah. Foto: Kemacetan lalu lintas di Jeddah, Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID, JEDDAH — Bus transportasi umum listrik pertama Arab Saudi mulai beroperasi di Jeddah pada hari Kamis (2/2/2023). Bus listrik yang dioperasikan oleh SAPTCO, akan memberikan layanan kepada penduduk kegubernuran Jeddah dalam rute transportasi umum.

Bus listrik akan beroperasi di sepanjang rute A7 yang menghubungkan Khalidiyah dengan Balad melalui Jalan Prince Saud Al-Faisal dan melewati Jalan Madinah. Penumpang di lingkungan Khalidiyah, Rowdah, Andalus, Ruwais, dan Baghdadiyah dapat memperoleh manfaat dari layanan tersebut.

Baca Juga

Penjabat Ketua Otoritas Transportasi Umum (PTA) Dr. Rumaih Al-Rumaih meresmikan layanan bus dalam upacara yang diadakan di hadapan Walikota Kegubernuran Jeddah Saleh Al-Turki dan Presiden Perusahaan Transportasi Umum Saudi (SAPTCO) Eng. Khaled Al-Hogail.

Al-Rumaih mengatakan bahwa Arab Saudi telah mencapai perkembangan luar biasa di sektor transportasi, termasuk jenis bahan bakar yang digunakan, seperti hidrogen dan bahan bakar bersih, selain kendaraan listrik dan layanan logistik untuk mengurangi emisi dari kendaraan hingga 25 persen. Ini akan dicapai melalui transportasi energi bersih, menggunakannya sepanjang musim di Jeddah dan memperluasnya ke berbagai wilayah Kerajaan.

Mengenai proyek masa depan yang bertujuan mengurangi kemacetan lalu lintas, Dr. Al-Rumaih menyatakan bahwa misi PTA dan Jeddah Mayoralty adalah untuk mulai menyediakan layanan transportasi umum di kota-kota menengah seperti Jazan, Sabya, Abu Arish, Taif, dan Qassim selama tahun ini. Layanan transportasi umum juga akan diluncurkan di Tabuk, Al-Ahsa, dan kota-kota lain, yang akan memberikan layanan terbaik untuk mengangkut warga dan penduduk dari rumah mereka ke tempat kerja.

"Kami sedang berupaya menggunakan alternatif lain untuk taksi dan transportasi umum, dan kami memiliki berbagai tes untuk menggunakan alternatif yang mengurangi emisi karbon, sebagai target untuk Visi Kerajaan 2030, sampai kami mencapai pengurangan 45 persen dalam emisi karbon dalam transportasi, yang mengarah ke energi bersih," tambahnya dilansir dari Saudi Gazette, Jumat (3/2/2023).

PTA mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa peluncuran layanan bus transportasi umum listrik datang dalam tujuan Strategi Nasional untuk Layanan Transportasi dan Logistik yang bertujuan mengurangi emisi karbon sebesar 25 persen pada tahun 2030. Ini juga merupakan bagian dari mengadopsi metode dan teknologi modern dalam kegiatan dan layanan transportasi untuk mengurangi emisi karbon dan berkontribusi untuk meningkatkan kualitas hidup di kota-kota pusat melalui transportasi yang ramah lingkungan.

Pihak berwenang menyatakan bahwa bus dapat menempuh jarak 300 kilometer dengan sekali pengisian daya, dan dianggap sebagai salah satu bus modern dengan efisiensi tinggi, karena mengkonsumsi listrik kurang dari 10 persen dibandingkan dengan bus listrik lainnya.

Sumber:

https://saudigazette.com.sa/article/629506/SAUDI-ARABIA/Saudi-Arabias-1st-electric-bus-starts-operation-in-Jeddah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement