Kamis 02 Feb 2023 14:43 WIB

Pasarkan Produk UMKM, Sukabumi Gandeng Pelaku Hotel dan Rumah Makan

Kolaborasi bisa dilakukan untuk mempercepat pemulihan ekonomi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Gita Amanda
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan produk UMKM Sukabumi menggandeng pelaku hotel dan rumah makan. (ilustrasi).
Foto: dokpim pemkot sukabumi
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan produk UMKM Sukabumi menggandeng pelaku hotel dan rumah makan. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemasaran produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Sukabumi didorong untuk bisa lebih luas. Salah satunya dengan menggandeng pelaku usaha di bidang hotel, rumah makan, dan kuliner dalam pemasaran produk UMKM.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan kerja sama antara pelaku usaha hotel, rumah makan dan tempat kuliner dengan Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi, Kamis (2/1/2023). Penandatanganan tersebut dihadiri oleh Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan lima orang pelaku usaha seperti Hotel Sparks Odeon, dan Wisata Vila Aku Cantik, Cafe Vanmila.

Baca Juga

''Kreativitas wilayah dalam rangka mendesain apa yang akan dibangun, di mana kecamatan menghadirkan unsur pentahelix kerja sama dengan pelaku UMKM dalam pemasaran produk,'' ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Kamis (2/2/2023). Pernyataan tersebut disampaikan di sela-sela musrenbang tingkat Kecamatan Warudoyong di Gedung Kesenian Kota Sukabumi.

Salah satu unggulan di Warudoyong diantaranya wisata kuliner. Sehingga kata Fahmi, ketika semua berkolaborasi maka percepatan pemulihan ekonomi bisa dilakukan.

Dalam musrenbang ini lanjut Fahmi, rata-rata usulan pembangunan adalah fisik. Oleh karenanya tidak bisa dipungkiri percepatan fisik harus dilakukan.

Fahmi menuturkan, musrenbang sangat penting dalam merencanakan apa yang akan dibangun di tahun mendatang khususnya pada 2024. Terlebih, musrenbang kecamatan sebagai sarana bagi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi pembangunan berbasiskan kewilayahan.

Sehingga betapa pentingnya elemen warga baik karangtaruna, alim ulama, tokoh agama dan lainnya mari maksimalkan ajang musrenbang dalam mendesain apa yang dilakukan. Dalam musrenbang bisa didesain maksimal agar target pembangunan dapat dioptimalkan pelaksanaanya.

Di awal sambutan, wali kota menyampailan sekilas capaian pembangunan di 2022 kemarin. Di mana, bersyukur di tengah pandemi dan keterbatasan yang ada tahun lalu dapat melaksanakan pembangunan yang monumental.

Camat Ratna Hermayanti mengatakan, pihaknya mengajak elemen warga berkolaborasi dalan memajukan wilayah. Termasuk dalam bidang ekonomi yakni pemasaran produk UMKM.

Di mana ada pelaku usaha besar yang menggandeng pelaku UMKM. Sehingga harapannya UMKM bisa naik kelas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement