Kamis 02 Feb 2023 21:05 WIB

Mau Menelepon dari Pesawat? Begini Caranya

Ada cara untuk melakukan panggilan telepon dari udara menggunakan ponsel pintar.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Natalia Endah Hapsari
Saat naik pesawat, kita  diperingatkan bahwa layanan seluler harus dimatikan karena transmisi perangkat mengganggu peralatan navigasi pesawat./ilustrasi
Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
Saat naik pesawat, kita diperingatkan bahwa layanan seluler harus dimatikan karena transmisi perangkat mengganggu peralatan navigasi pesawat./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Ketika bepergian dengan pesawat, kita sudah tidak asing lagi dengan peringatan untuk mematikan semua perangkat elektronik atau menyimpannya dalam “mode pesawat” selama penerbangan. Kita diperingatkan bahwa layanan seluler harus dimatikan karena transmisi perangkat mengganggu peralatan navigasi pesawat.

Namun, sebenarnya, ada cara untuk melakukan panggilan telepon dari udara menggunakan ponsel pintar mereka sendiri daripada menggunakan layanan telepon mahal yang disediakan beberapa penerbangan. Salah satu caranya melakukan ini tanpa mengganggu awak pesawat adalah dengan teknologi picocell.

Baca Juga

Ini adalah menara seluler di dalam pesawat. Picocell menyediakan pengguna perangkat elektronik dengan layanan seluler dekat yang menjaga sinyal transmisi seminimal mungkin.

Sementara itu, Komisi Komunikasi Federal melarang penggunaan ponsel di pesawat untuk melindungi jaringan telepon grup. Sebab, menara ponsel dapat menerima panggilan dari pesawat, yang akan memadati menara dan mengganggu layanan.

Berarti pada ketinggian 40.000 kaki atau 12.192 meter di udara, ponsel aktif akan menerima layanan dari beberapa menara seluler di darat. Dilansir dari The Street, ini dapat memadati jaringan di lapangan dan mengganggu layanan.

Jadi meskipun banyak maskapai penerbangan mengizinkan layanan internet dalam penerbangan, biasanya dengan biaya tambahan, mereka tetap melarang orang menelpon melalui telepon atau menelpon melalui video menggunakan Wi-Fi dalam penerbangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement