Selasa 31 Jan 2023 17:31 WIB

Erick Thohir Dinyatakan Lolos Verifikasi Berkas Calon Ketum PSSI

Erick Thohir menjadi salah satu calon terkuat untuk menduduki kursi Ketum PSSI.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Didi Purwadi
Ketua Komite Pemilihan (KP) PSSI, Amir Burhanuddin saat mengumumkan daftar calon sementara Komite Eksekutif PSSI periode 2023-2027 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (31/1/2023).
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Ketua Komite Pemilihan (KP) PSSI, Amir Burhanuddin saat mengumumkan daftar calon sementara Komite Eksekutif PSSI periode 2023-2027 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (31/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komite Pemilihan (KP) PSSI telah mengumumkan daftar calon sementara (DCS) Komite Eksekutif PSSI periode 2023-2027. Sebelum mengumumkan DCS, KP telah melakukan verifikasi dokumen, termasuk menerima hasil verifikasi integritas para bakal calon dari Komite Disiplin PSSI sejak 25 hingga 30 Januari 2023.

Ketua KP PSSI Amir Burhanuddin menyampaikan, dari hasil verifikasi tersebut, lima nama calon ketua umum lolos sebagai DCS. Nama-nama tersebut, antara lain, AA La Nyalla Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, Ferry Djemy Francis, dan terakhir Erick Thohir. Erick diprediksi menjadi salah satu calon terkuat untuk menduduki kursi ketum PSSI selanjutnya. 

"Dalam verifikasi dokumen para bakal calon, kita di internal komite pemilihan terjadi dinamika yang sangat hebat. Dinamika ini terkait ketelitian dan pemahaman tentang dokumen persyaratan yang harus sesuai dengan statuta federasi," kata Amir kepada wartawan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK), Jakarta, Selasa (31/1/2023).

"Perbedaan pendapat para anggota komite acapkali terjadi. Bahkan, beberapa kesempatan berujung deadlock. Namun, setelah dilakukan penajaman dan pendalaman dokumen yang diperdebatkan, akhirnya komite pemilihan dapat menuntaskan tahapan verifikasi ini dengan baik," ujarnya menambahkan.

Selain DCS Ketum PSSI, Amir juga mengumumkan kategori calon lain yang lolos memenuhi syarat meliputi, yakni 16 calon wakil ketua umum. Lima nama dinyatakan tidak lolos untuk pencalonan sebagai wakil ketua umum dan tidak dapat mengajukan banding. Mereka adalah Azrul Ananda, Bambang Pamungkas, Ponaryo Astaman, Achsanul Qosasih, dan Iwan Budianto.

"Dari hasil verifikasi, yang bersangkutan dinilai tidak memenuhi persyaratan dokumen yang diatur dalam Statuta PSSI 2019," kata Amir.

Berikut adalah nama-nama cawaketum yang masuk dalam daftar calon sementara:

1. Ahmad Riyadh 

2. Ahmad Syauqi 

3. Andre Rosiade

4. Doni Setiabudi 

5. Duddy S. Sutandi

6. Fary Djemy Francis 

7. Gede Widiade

8. Hasani Abdulgani

9. Hasnuryadi Sulaiman 

10. Juni Rachman 

11. Maya Damayanti

12. Ratu Tisha 

13. Sadikin Aksa 

14. Yesayas Oktavianus 

15. Yunus Nusi 

16. Zainudin Amali 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement