Selasa 31 Jan 2023 14:12 WIB

Sebanyak 375 Calon Petugas Haji Jatim Lolos Tes CAT

375 peserta berhak mengikuti seleksi petugas haji tahap dua.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Hafil
Sebanyak 375 Calon Petugas Haji Jatim Lolos Tes CAT. Foto: Petugas haji Indonesia - Ilustrasi.
Foto: Republika/Ani Nursalikah
Sebanyak 375 Calon Petugas Haji Jatim Lolos Tes CAT. Foto: Petugas haji Indonesia - Ilustrasi.

IHRAM.CO.ID, SURABAYA -- Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kaneil Kemang Jawa Timur, Abdul Haris mengungkapkan, pihaknya telah merampungkan pelaksanaan Computer Assisted Test (CAT) seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji yang diikuti 1.179 peserta. Dari ribuan calon petugas haji yang mengikuti seleksi tahap pertama tersebut, hanya 375 peserta yang dinyatakan lolos dan berhak mengikuti seleksi tahap kedua, yang dimulai serentak pada Selasa (31/1/2023).

"Dari 375 orang peserta yang lolos seleksi tahap kedua, 157 orang mendaftar ketua kloter, 164 orang sebagai Pembimbing Ibadah Haji, serta 54 peserta untuk pendaftar PPIH Arab Saudi," ujarnya di Surabaya, Selasa (31/1/2023).

Baca Juga

Haris menerangkan, untuk kebutuhan PPIH Kloter, masih menunggu pengumuman kuota kloter jamaah haji asal Jawa Timur pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Sedangkan kuota PPIH Arab Saudi, dibutuhkan 9 orang pelayanan akomodasi, 2 orang pelayanan transportasi, 5 orang pelayanan konsumsi, 1 orang bimbingan ibadah, serta 1 orang pada Siskohat.

"Untuk seleksi yang diawasi langsung oleh tim Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI kali ini terdiri dari tes CAT, pendalaman bidang tugas, serta wawancara," kata Haris.

 

Kakanwil Kemenag Jatim, Husnul Maram menyebut, untuk meningkatkan prinsip akuntabilitas petugas haji yang memiliki kompetensi dan integritas, maka perlu adanya peningkatan rekrutmen yang selektif. Dimulai dari seleksi administrasi dan tes kompetensi dengan metode CAT, ujian pendalaman tugas, serta wawancara.

Ia menuturkan, mulai tahun ini tes kompetensi berbasis CAT sudah diterapkan sejak seleksi tahap pertama di tingkat kabupaten/ kota. "Hal ini dilakukan untuk mendapatkan petugas yang kompeten dan petugas yang tidak gagap dengan teknologi," ujarnya.

Maram melanjutkan, seluruh calon peserta, mendapat kesempatan yang sama untuk menjadi petugas haji melalui persaingan yang sehat dan dapat dipertanggungjawabkan. Seluruh pihak terkait diharaplannya mampu bersikap sportif, konsekuen, dan konsisten serta lebih mengutamakan profesionalisme.

Maram menegaskan, pelaksanaan seleksi ini dilaksanakan secara adil dan transparan. Selama proses seleksi juga tidak ada pungutan biaya maupun transaksi apapun, dalam bentuk apapun, dan kepada siapapun untuk bisa meloloskan seseorang menjadi petugas haji.

Sesuai rencana perjalanan haji (RPH) tahun 1444 H atau 2023 M, jamaah haji kloter pertama akan masuk asrama haji pada 23 Mei 2023 dan kloter terakhir akan diberangkatkan pada 22 Juni 2023. Sedangkan Wukuf di Arafah dilaksanakan pada 27 Juni 2023. Adapun awal kedatangan jamaah haji di tanah air dijadwalkan pada 4 Juli 2023, dan akhir kedatangan pada 3 Agustus 2023.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement