Selasa 31 Jan 2023 05:21 WIB

Resepsi Harlah Satu Abad NU Digelar Nonsetop, Ini Rundown Acaranya

Puncak peringatan Satu Abad NU digelar di Sidoarjo.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Puncak peringatan Satu Abad NU digelar di Sidoarjo.. Foto: Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf saat menjadi narasumber ahli dalam kuliah umum yang digelar di Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Depok, Jawa Barat, Senin (30/1/2023). Kuliah umum ini mengangkat tema R20 Bali Communique and Challenges of Religions Ahead.
Foto: Republika/Muhyiddin
Puncak peringatan Satu Abad NU digelar di Sidoarjo.. Foto: Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf saat menjadi narasumber ahli dalam kuliah umum yang digelar di Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Depok, Jawa Barat, Senin (30/1/2023). Kuliah umum ini mengangkat tema R20 Bali Communique and Challenges of Religions Ahead.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan menggelar acara Puncak Resepsi Harlah Satu Abad NU selama 24 jam nonsetop di di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada Selasa (7/2/2023) mendatang. Hal ini disampaikan Ketua Umum PBNU, KH Yahya Cholil Staquf atau yang akrab dipanggil Gus Yahya.

"InsyaAllah nanti kita akan selenggarakan Resepsi Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU di Sidoarjo tanggal 7 Februari yang akan datang, itu nanti akan merupakan kegiatan 24 jam tanggal 7 jam 00.00 sampai dengan jam 00.00 tanggal 8," ujar Gus Yahya saat diwawancara usai menjadi narasumber ahli kuliah umum di Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Depok, Jawa Barat, Senin (30/1/2023).

Baca Juga

Sementara itu, ada sejumlah titik yang dipakai untuk melaksanakan event ini, di antaranya Panggung Parkir Timur Stadion, Panggung Outdoor, dan Indoor Stadion. "Tapi nanti acara puncaknya, kita selenggarakan insyaAllah jam tujuh pagi tanggal 7 Februari itu sampai dengan jam 00.00. InsyaAllah bersama Presiden," kata Gus Yahya.

Dikutip dari siaran pers PBNU, berikut rundown acara Puncak Resepsi Harlah NU:

Sejumlah acara di parkir timur, yakni Lailatul Qiro'ah, digelar Selasa (7/2/2023) dini hari pukul 00.00-01.00 WIB dengan dipimpin oleh KH Mutawakkil Alallah dan Prof Dr KH Said Agil Husein Al Munawar. Kemudian ada Manaqib Syekh Abdul Qadir Jailani pukul 01.00-02.00 WIB yang dipimpin oleh Mualana Syeikh As-Syarif Prof Dr Muhammad Fadhil Al-Jailani.

Acara dilanjutkan dengan Qiyamul Lail (Rhatib Al-Attas dan Asmaul Husna) pukul 02.00-03.00 WIB dipimpin oleh KHR Ahmad Azaim Ibrahimy dan Al-Habib Lutfi bin Ahmad Al-Atlas. Kemudian Ijazah Qubro pukul 03.00-04.00 oleh Al-Habib Muhammad Luthfi bin Yahya, serta shalat subuh berjamaah pukul 04.00-05.00 WIB yang dipimpin oleh Al-Habib Syekh Bin Abdul Qodir Assegaf.

Untuk panggung outdoor akan diisi dengan Shalawatan yang dipimpin Al Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf, pada pukul 05.00-07.00 WIB. Sedangkan acara di Indoor Stadion mulai pukul 05.00-06.00 diisi dengan briefing kesiapan pelaksanaan acara, pembagian konsumsi VIP dan VVIP, serta verifikasi gelang akses masuk.

Kemudian pukul 06.00-07.20, diisi dengan acara pengecekan menyeluruh mulai gladi bersih konfigurasi gerakan dengan membentuk huruf "1 ABAD NU & NU DIGDAYA" oleh peserta di area tribun kedatangan para kiai, tamu, dan undangan khusus. Persiapan lain, yakni persiapan live streaming dan registrasi peserta.

Pada pukul 07.20-08.00 WIB, acara diisi dengan istighosah kubro, pembacaan puisi dan live streaming. Kemudian kedatangan Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara yang disambut Rais Aam (KH Miftachul Akhyar), Ketua Umum PBNU (KH Yahya Cholil Staquf), dan Ketua Panitia Harlah Satu Abad NU Erick Thohir.

Acara berikutnya pukul 08.00-08.15 diisi dengan menyanyikan lagu "Indonesia Raya" dan "Ya Lal Wathon". Kemudian pembacaan ayat suci Alquran dan laporan kegiatan oleh Ketua Panitia Harlah Satu Abad NU.

Pukul 08.15-09.10 WIB, acara diisi dengan sambutan dari gubernur Jawa Timur, Iftitah Rais Aam KH Miftachul Akhyar, video perjalanan Satu Abad NU, serta sambutan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf.

Acara berikutnya pukul 09.10-09.20 WIB ada penampilan marching band. Kemudian dilanjutkan dengan amanat Presiden Joko Widodo. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pembacaan rekomendasi Muktamar Fiqih Peradaban oleh ketua umum PBNU. Selanjutnya, ketua umum PBNU memberikan penghargaan kepada Grand Sheikh Al-Azhar dan Sayyid Ahmad bin Muhammad Al Maliki.

Pada jam tersebut, ketua umum PBNU memberikan rekomendasi Muktamar Fiqih Peradaban kepada Presiden RI. Acara selanjutnya yakni Presiden, rais aam dan ketua umum PBNU meluncurkan (launching) Abad Kedua NU dengan memukul bedug digital.

Baca juga : Lomba Menulis dan Vidio

Pukul 09.50-10.15, acara diisi hiburan dengan pertunjukan Tarian Peraga Banser, dan paduan suara yang membawakan Mars Satu Abad NU, kebyar-kebyar, Sholawat Asyghil dan "Berkibarlah Benderaku". Pada pukul 10.15-10.30 WIB acara ditutup dengan pembacaan doa, kemudian Presiden meninggalkan lokasi acara.

Sementara itu, Harlah Satu Abad NU dimeriahkan pula dengan NU Festival mulai pukul 11.00-18.00 WIB. Acara ini karnaval nusantara di sepanjang Jalan Cokronegoro, Jalan Sultan Agung, Jalan Teuku Umar, Jalan Pahlawan.

Karnaval nusantara dimulai dari Pendopo Kabupaten Sidoarjo dan finis di Parkir Timur Stadion Delta Sidoarjo. Kemudian ada bazaar UMKM dengan aneka produk kuliner, merchandise, fashion, kriya, jasa, perusahaan dan banom. Lokasinya ada di enam area seputar zonasi acara.

Baca juga : Lesbumi-LTNU PBNU Gelar Pameran Komite Hijaz

Acara selanjutnya, yakni panggung hiburan di Indoor Stadion yang dihelat pukul 19.00-22.30 WIB. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu "Indonesia Raya" yang dipandu Tohpati dan Dewa Bujana (personel Band Gigi). Kemudian menyanyikan lagu "Serenade" oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut).

Selanjutnya, ada sambutan ketua panitia Harlah Satu Abad NU Erick Thohir dan Yenny Wahid, serta sambutan dari PBNU oleh Sekjen PBNU Saifullah Yusuf. Acara hiburan kemudian diisi oleh penampilan artis kondang, mulai dari Maher Zein, Slank, hingga Rhoma Irama, dengan dipandu Cak Lontong, stand up comedy yang tersohor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement