Kamis 26 Jan 2023 12:10 WIB

Pelaku Penembakan di Kawasan Pertanian California Didakwa Pembunuhan Berencana

Chunli Zhao didakwa dengan pembunuhan berencana

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Seorang pekerja pertanian asal China, Chunli Zhao (66 tahun) secara resmi didakwa dengan pembunuhan berencana pada Rabu (25/1/2023). Zhao merupakan pelaku dalam penembakan fatal yang menewaskan tujuh rekan kerjanya di Kota Half Moon Bay, dekat San Francisco.
Foto: Nhat V. Meyer/Bay Area News Group via AP
Seorang pekerja pertanian asal China, Chunli Zhao (66 tahun) secara resmi didakwa dengan pembunuhan berencana pada Rabu (25/1/2023). Zhao merupakan pelaku dalam penembakan fatal yang menewaskan tujuh rekan kerjanya di Kota Half Moon Bay, dekat San Francisco.

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANSISCO -- Seorang pekerja pertanian asal China, Chunli Zhao (66 tahun) secara resmi didakwa dengan pembunuhan berencana pada Rabu (25/1/2023). Zhao merupakan pelaku dalam penembakan fatal yang menewaskan tujuh rekan kerjanya di Kota Half Moon Bay, dekat San Francisco.

Zhao adalah satu-satunya tersangka dalam pembantaian pada Senin (23/1/2023) di dua peternakan jamur di Kota Half Moon Bay. Zhao secara resmi didakwa dengan tujuh tuduhan pembunuhan dan satu tuduhan percobaan pembunuhan dalam sidang pertamanya di Kota Redwood.  

Baca Juga

Zhao mengenakan pakaian tahanan berwarna merah, dan diperintahkan ditahan tanpa ikatan selama sidang di hadapan hakim Pengadilan Tinggi San Mateo County.  Terdakwa tidak menunjukkan ekspresi tertentu selama persidangan. Sejauh ini tidak ada pembelaan yang diajukan oleh terdakwa.

Sidang pengadilan berikutnya dijadwalkan pada 28 Februari mendatang.

Jaksa Wilayah Steve Wagstaffe mengatakan, seorang penerjemah bahasa Mandarin disediakan untuk terdakwa. Wagstaffe adalah warga negara China yang telah tinggal di Amerika Serikat setidaknya selama 10 tahun.  Setelah sidang, Wagstaffe mengatakan kepada wartawan di luar gedung pengadilan bahwa jaksa belum menentukan status imigrasi Zhao secara tepat, atau apakah dia memasuki Amerika Serikat secara legal.

Jaksa mengatakan pihak berwenang mencoba menggali motif pelaku. Namun Zhao menolak untuk memberikan rincian apapun.  Wagstaffe juga mengungkapkan adanya satu petunjuk. Dia mengatakan, sebuah catatan ditemukan di dalam mobil Zhao, meskipun dia menolak untuk mengungkapkan isinya.  Jaksa mengatakan Zhao kooperatif ketika awalnya diwawancarai oleh pihak berwenang dan memberikan pernyataan lengkap.

"Zhao diharapkan akan mengajukan pembelaan tidak bersalah saat proses berlangsung, dan kami ingin memastikan orang ini mendapatkan pengadilan yang adil," kata Wagstaffe.

Selain delapan tuduhan kejahatan, pengaduan pidana setebal 10 halaman

menuduh Zhao secara pribadi dan sengaja menembak rekan-rekannya untuk membunuh. Di bawah hukum Kalifornia, terdakwa yang dihukum karena pembunuhan dengan "keadaan khusus" dapat memenuhi syarat untuk hukuman mati hukuman, meskipun Gubernur Gavin Newsom pada 2019 mengumumkan moratorium eksekusi.  

"Jika tidak, hukuman maksimalnya adalah penjara seumur hidup tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat," kata Wagstaffe.

Zhao ditahan pada Senin (23/1/2023) malam di luar kantor sheriff. Zhao telah dipekerjakan oleh salah satu penanam, Peternakan Jamur Gunung, dan telah tinggal di properti itu bersama dengan beberapa karyawan lainnya. Pihak berwenang mengatakan bukti awal menunjukkan penembakan dilatarbelakangi oleh keluhan para pekerja di tempat kerja.

Sheriff Christina Corpus dalam sebuah wawancara CNN mengatakan, pria bersenjata itu menargetkan korban tertentu. CNN dan outlet media lainnya melaporkan, Zhao menjadi subyek perintah penahanan sementara setelah seorang mantan rekan kerja menuduhnya menyerang dan mengancamnya pada 2013.

Half Moon Bay, merupakan sebuah kota berpenduduk 12.000 di selatan San Francisco. Kota ini adalah rumah bagi resor mewah dan komunitas petani berpenghasilan rendah.  Penembakan tersebut menyoroti kembali kesulitan yang dihadapi oleh para pekerja pertanian di daerah itu. Banyak dari mereka adalah imigran dari Amerika Latin dan Asia. Mereka tinggal di kamp kerja paksa dan bekerja keras selama berjam-jam dalam kondisi buruk dan gaji yang sangat rendah. 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement