Rabu 25 Jan 2023 17:09 WIB

Mahasiswi FTP Universitas Jember Ciptakan Permen Antikaries Gigi

Perasa serai dan lemon dalam permen antikaries gigi hambat bakteri.

Seorang pedagang permen Gulali mangkal di trotoar Jalan Braga, Kota Bandung, dan menjadi perhatian pengunjung, Jumat (6/1/2023). Gulali merupakan salah satu jajanan tradisional terbuat dari gula yang dipanaskan kemudian dibentuk menjadi aneka bunga, dan bentuk-bentuk kreatif lainnya.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Seorang pedagang permen Gulali mangkal di trotoar Jalan Braga, Kota Bandung, dan menjadi perhatian pengunjung, Jumat (6/1/2023). Gulali merupakan salah satu jajanan tradisional terbuat dari gula yang dipanaskan kemudian dibentuk menjadi aneka bunga, dan bentuk-bentuk kreatif lainnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Mahasiswa Program Studi Teknologi Hasil Pangan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Jember (Unej) Maryam Tsaqifah Muwahhidah menciptakan permen yang dapat mencegah karies gigi.

"Anak-anak dan permen memang dua hal yang tidak terpisahkan, namun mengonsumsi permen terlalu banyak dapat menyebabkan karies hingga gigi berlubang," katanya di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Rabu (25/1/2023).

Maryam mengaku mendapat ide kreatif dari persoalan tersebut dengan menciptakan permen lunak nonsukrosa dengan perasa serai dan lemon yang bisa menghambat perkembangan bakteri penyebab karies gigi.

"Sejak awal mula kuliah di Program Studi Teknologi Hasil Pangan, saya sudah tertarik meneliti pangan fungsional, khususnya pangan yang bisa berkontribusi kepada kesehatan," tuturnya.

Ia menjelaskan ide permen lunak nonsukrosa muncul saat dosennya menantang untuk mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa di internal FTP Unej.

Berdasarkan referensi yang dibaca, angka penderita karies gigi pada anak di Indonesia tergolong tinggi, sehingga muncul ide membuat permen lunak non-sukrosa yang sehat karena tanpa gula dan bisa mencegah karies gigi.

"Jadi orang tua tak perlu khawatir anaknya bakal kena masalah gigi sebab dengan mengonsumsi permen itu justru menghambat bakteri penyebab karies gigi," katanya.

Pembuatan permen lunak non-sukrosa itu dengan menggunakan sediaan nanoemulsi dari kombinasi minyak esensial serai dan lemon. Serai adalah salah satu tanaman yang mudah didapatkan dan untuk minyak esensial lemon memanfaatkan kulitnya yang sering terbuang jadi limbah.

"Pemilihan minyak esensial serai dan lemon selain memberikan rasa, juga sebagai bahan utama yang akan menghambat perkembangan bakteri penyebab karies gigi," ujarnya.

Dari penelitian di Rumah Sakit gigi dan Mulut (RSGM) Unej, lanjut dia, senyawa bioaktif keduanya terbukti efektif mencegah perkembangan bakteri penyebab karies gigi.

Ia mengatakan serai mengandung aktioksidan, antimikroba, anti radang bahkan mengurangi resiko kanker. Sementara lemon penuh dengan vitamin C, mikro nutrisi dan antioksidan seperti asam sitrat, hesperidin dan diosmin. Lemon juga memberikan rasa segar yang khas untuk permen.

"Saya sengaja membuat sediaan kombinasi minyak esensial serai dan lemon dalam bentuk nanoemulsi dengan tujuan dapat meningkatkan bioavailabilitas senyawa bioaktif dalam minyak tersebut sehingga aktivitas antibakterinya dapat meningkat," katanya.

Ketekunan mahasiswi FTP Unej itu meneliti pangan fungsional khususnya di bidang kesehatan ternyata mendapatkan banyak apresiasi di antaranya mendapatkan pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Riset Eksakta 2021 dari Ditjen Dikti Kemendikbudristek sebesar Rp10 juta.

Kemudian menerima pendanaan program kreativitas mahasiswa gagasan Futuristik dan Konstruktif (PKM GFK) 2021, serta medali emas kategori poster pada kegiatan "Food and Biocomplex Innovation" di Universitas Brawijaya.

Juara kedua kategori poster pada ajang Kepedulian Mahasiswa dan Masyarakat terhadap Pangan (KM2P), medali emas pada Global Young Scientist Challenge (GYSC) kategori Healthcare 2020 dan prestasi lainnya.

Walaupun penelitiannya masih di skala laboratorium, rasa permen buatan Maryam Tsaqifah tidak kalah dengan permen di pasaran, sehingga ia berharap ada industri yang tertarik mengembangkan permen non-sukrosa antikaries gigi hasil penelitiannya itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement