Rabu 25 Jan 2023 16:30 WIB

Film Peraih Piala Oscar Terbanyak Sepanjang Masa, Patut Ditonton

Tiga film ini berhasil mencetak sejarah dengan meraih Piala Oscar terbanyak.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Tiga film pemenang Piala Oscar terbanyak, salah satunya Titanic. (ilustrasi)
Foto: Paramount Pictures
Tiga film pemenang Piala Oscar terbanyak, salah satunya Titanic. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film-film yang berhasil memenangkan Piala Oscar harus melalui proses penilaian panjang dan melibatkan sejumlah pakar. Tak heran bila para peraih Piala Oscar mampu menghadirkan pengalaman menonton yang mengesankan.

Sejak digelar pertama kali hingga saat ini, sudah ada lebih dari 1.000 judul film yang berhasil meraih nominasi penghargaan Piala Oscar. Selain itu, ada hampir 100 judul film yang telah berhasil memenangkan Piala Oscar untuk kategori Best Picture atau Film Terbaik.

Baca Juga

Dalam gelaran Academy Awards 2023 pada Maret, ada beberapa judul film yang berhasil mendapatkan banyak nominasi. Film Everything Everywhere All at Once misalnya, berhasil meraih 11 nominasi Oscar. Sedangkan film The Banshees of Inisherin dan All Quiet on the Western Front sama-sama berhasil meraih sembilan nominasi Oscar. Bukan tidak mungkin bila ketiga film ini akan mencetak sejarah baru sebagai salah satu film peraih Piala Oscar terbanyak sepanjang masa.

Sejauh ini, ada tiga film yang telah berhasil mencetak sejarah dengan meraih Piala Oscar terbanyak. Berikut ini adalah ketiga film tersebut, seperti dilansir laman AS, Rabu (25/1/2023):

1. Ben-Hur

photo
Adegan dari film Ben-Hur - (AP)

 

Film garapan William Wyler ini berhasil meraih 12 nominasi Oscar dan membawa pulang 11 Piala Oscar. Beberapa kategori yang berhasil dimenangkan Ben-Hur adalah Best Picture, Best Director, Best Actor, dan Best Supporting Actor. Film ini hanya mengalami kekalahan pada satu kategori penghargaan yaitu Best Adapted Screenplay.

2. Titanic

photo
Poster 25 tahun film Titanic. Film yang dibintangi Leonardo DiCaprio dan Kate Winslett tersebut akan tayang kembali Februari 2023. - (dok. Disney)

 

Sama seperti Ben-Hur, Titanic berhasil membawa pulang 11 Piala Oscar dari total 14 nominasi. Pencapaian luar biasa ini berhasil diraih oleh Titanic meski kedua bintang utamanya, Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet, pada saat itu belum dianggap sebagai bintang besar.

Beberapa kategori yang berhasil dimenangkan Titanic adalah Best Music, Best Picture, dan Best Visual Effects. Melalui film ini, sutradara James Cameron turut memenangkan kategori Best Director.

3. The Lord of the Rings: The Return of the King

photo
Film The Lord Of The Rings: The Return of the King. - (New Line Cinema)

 

Film The Lord of the Rings: The Return of the King berhasil meraih 11 nominasi Oscar dan berhasil memenangkan seluruh nominasi tersebut. Pencapaian ini menjadikan The Lord of the Rings: The Return of the King sebagai satu-satunya film yang berhasil memenangkan setiap kategori yang dinominasikan kepadanya. Beberapa kategori yang dimenangkan The Lord of the Rings: The Return of the King adalah Best Picture, Best Director, Best Adapted Screenplay, dan Best Art Direction.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement