Rabu 25 Jan 2023 11:09 WIB

Yakin Diet Anda Sudah Benar? Cek Fakta Ini

Ada beberapa kesalahan pemahaman soal diet yang masih jamak diikuti masyarakat.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Membuat green smoothie untuk diet (Ilustrasi). Ketika berdiet, pastikan kecukupan gizi secara keseluruhan tetap terpenuhi.
Foto: Prayogi/Republika
Membuat green smoothie untuk diet (Ilustrasi). Ketika berdiet, pastikan kecukupan gizi secara keseluruhan tetap terpenuhi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diet memiliki banyak manfaat. Selain untuk menurunkan berat badan, diet juga dapat membantu dalam mengatasi masalah kesehatan yang spesifik, seperti pola makan untuk pengidap diabetes.

Meskipun terlihat sederhana, diet sebenarnya memiliki panduan yang perlu diikuti. Sebelum berdiet, pastikan cek dulu fakta berikut ini.

Baca Juga

1. Lemak boleh dikonsumsi                                           

Pakar gizi dr Juwalita Surapsari MGizi SpGK mengatakan, akan menjadi bahaya jika seseorang mengonsumsi makanan yang pengolahannya tidak memakai lemak. Sebab, nantinya orang itu bisa terkena batu empedu.

 

"Sebenarnya, cairan empedu itu keluar ketika kita makan makanan berlemak. Ketika kita makan makanan yang tidak berlemak sama sekali maka cairan empedu akan tertahan di kantong empedu. Lama-lama ini akan menjadi batu empedu," kata dr Juwalita dalam acara "Offline Media Gathering: Tokopedia dan Ahli Gizi Bicara Tren Makanan Kekinian nan Sehat" di Jakarta, Selasa (24/1/2023).

2. Asupan protein

Asupan protein tidak hanya didapat dari produk hewani. Dr Juwalita menyebut produk nabati juga bisa mencukupi kebutuhan protein, misalnya dari kacang kedelai, kacang hijau, kacang merah, dan segala olahannya.

"Kita butuh protein dalam setiap makanan kita. Setiap makan, wajib ada protein," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement